Nutrifood Alokasikan Total Rp 172,5 juta Untuk Penelitian Kesehatan

0
1343
Para pemenang Nutrifood Research

marketing.co.id – Nutrifood kembali menggelar Awarding Nutrifood Research Center (NRC) Grant 2018 untuk keempat kalinya, sebagai ajang apresiasi bagi para pemenang NRC Grant 2018 sekaligus puncak rangkaian kompetisi yang telah berlangsung sejak Februari 2018. Nutrifood Research Center (NRC) Grant sendiri merupakan program bantuan dana penelitian yang diberikan bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk mendukung lahirnya penemuan baru di bidang kesehatan, dan saat ini khususnya terkait diabetes melitus tipe 2. Dari total 567 pra proposal yang masuk, mengerucut menjadi 37 untuk dibuatkan proposal-nya dan akhirnya terpilih tiga proposal penelitian terbaik  yang berasal dari mahasiswa S1 dari Universitas Brawijaya – Malang, mahasiswa S2 dari Universitas Indonesia – Jakarta, serta peneliti dari Universitas Gadjah Mada – Yogyakarta.

Nutrifood Research Center (NRC) Grant 2018 yang mendapatkan pendanaan untuk melakukan penelitian tentang diabetes melitus tipe-2. Foto: Ist.

Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan jumlah penderita diabetes terbesar. Tingkat prevalensi diabetes Indonesia yang semakin mengkhawatirkan berdasarkan hasil Riset Kesehatan Dasar 2018, terus meningkat dari 5,7% (2007) dan 6,9% (2013) menjadi 8,5% (2018), dengan total kasus diabetes yang telah mencapai angka 10,3 juta menurut International Diabetes Federation (IDF) Atlas tahun 2017. Total kasus diabetes di Indonesia merupakan diabetes tipe 2 yang sangat erat kaitannya dengan gaya hidup tidak sehat, pola diet tidak seimbang dan kurangnya aktivitas fisik. Hasil penelitian dari NRC Grant 2018 terkait diabetes melitus tipe 2 diharapkan menjadi salah satu kontribusi Nutrifood untuk menurunkan prevalensi angka penderita ataupun kematian akibat diabetes di masa depan, tutur Astri Kurniati, S.T., M.App.Sc., Head of Nutrifood Research Center.

Untuk mendukung penelitian tentang diabetes melitus tipe 2, Nutrifood memberikan total dana sebesar Rp 172,5 juta bagi para pemenang Nutrifood Research Center (NRC) Grant 2018. Ketiga pemenang tersebut berasal dari tim Universitas Gajah Mada, Yogyakarta (pemenang 1) yang mendapatkan Rp 100 juta. Kemudian dari tim Universitas Indonesia (Pemenang 2) yang mendapatkan Rp 50 juta dan tim Universitas Brawijaya, Malang (pemenang 3) yang mendapatkan Rp 22,5 juta. Setelah ini, selama setahun kedepan, ketiga tim pemenang akan mengimplementasikan ide yang sudah mereka tuangkan dalam proposal penelitiannya dengan bantuan dana penelitian dari NRC Grant.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.