OExpress, Agregator Pengiriman Ekspres plus Layanan Ekspedisi

Marketing.co.id  –  Berita Marketing| Industri logistik dan kurir di Indonesia semakin semarak dengan hadirnya pemain baru, OExpress. Perusahaan ini bermain di dua kaki sekaligus, yakni sebagai agregator pengiriman ekspres dan layanan in-house ekspedisi yang dikelola sendiri.

Sebagai agregator, Oexpress menjadi platform yang menjembatani pihak pengirim barang dengan berbagai perusahaan ekspedisi sebagai penyedia jasa pengiriman. Beberapa mitra perusahaan pengiriman expres yang sudah bergabung ke Oexpress yakni JNE Express, Ninja Express, ID Express, SAP, J&T Express, dan Paxel. Saat ini, layanan agregator Oexpress telah mencakup seluruh wilayah di Indonesia

Rovan Alfarry, CEO & Founder OExpress mengatakan, industri logistik dan e-commerce saling mendukung dalam menunjang aktivitas ekonomi, terutama bagi UMKM. Tanpa adanya logistik yang memadai dan e-commerce platform, maka proses operasional pengiriman barang dari UMKM ke masyarakat sebagai pembeli akan terhambat.

“OExpress juga lahir dari industri e-commerce, kita ingin logistik dan order management system atau e-commerce platform ini satu kesatuan, sehingga UMKM di Indonesia lebih dimudahkan, tidak ada lagi kendala yang menghambat bisnis mereka, jadi UMKM bisa tumbuh lebih cepat,” jelas Rovan, saat peluncuran  Oexpress, di Jakarta (23/02/23).

Baca juga: Sengitnya Persaingan Perusahaan Ekspedisi, Bagaimana Kiat Agar Tetap bertahan?

OExpress memiliki sistem pengiriman smart delivery yang dapat secara otomatis merekomendasikan pengguna untuk memilih ekspedisi terbaik dengan peringkat success rate tertinggi di OExpress, baik Non COD maupun COD pada wilayah tujuan pengiriman.

“Fitur smart delivery secara akan otomatis merekomendasikan kurir terbaik di Kecamatan yang dituju, dan ini akan meningkatkan keberhasilan pengiriman karena ditangani kurir terbaik,” Fazlur Rahman, CTO & Co-Founder Oexpress.

Keunggulan lain Oexpres yakni adanya transparansi, sehingga pelanggan bisa melihat status dan alur pengiriman. “Kami juga memiliki fitur ticket monitoring, dimana sistem akan memberikan tiket secara otomatis jika ada permasalahan dalam pengiriman, pelanggan akan terhubung dengan perusahaan pengiriman sehingga akan meningkatkan success rate pengiriman, terutama COD,” lanjut Fazlur.

OExpress
Peluncuran OExpress, Platform Agregator dan Layanan Ekspedisi

Pengguna layanan OExpress dapat menentukan jenis ekspedisi dan melakukan pengiriman cukup melalui satu dashbord yang telah terintegrasi dengan 3PL (Third Party Logistic). OExpress sebagai agregator akan menciptakan ekosistem logistik untuk pengiriman barang yang lebih efektif dan efisien mulai dari First Mile hingga Last Mile, menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, menghemat biaya, serta mengoptimalkan operasional pengiriman bagi masyarakat umum, pemilik bisnis, hingga UMKM.

Baca juga: Teknologi Lazada Logistics Bantu Ciptakan Efisiensi Bisnis UMKM

Selain menjalankan fungsi sebagai agregator kurir, Oexpress memiliki lini bisnis ekspedisi yang dikelola sendiri. Jenis layanan yang diberikan beragam mulai dari Instant Delivery, Same-Day, Reguler, Next-Day, Ekonomis, hingga Cargo.  Untuk operasional secara mandiri, layanan ekspedisi OExpress sudah mulai beroperasi di wilayah Jabodetabek, Karawang, dan Bandung.

Asep Saefulloh, COO & Co-Founder OExpress mengatakan, Oexpress memiliki 9 kantor di area Jabodetabek, 83 tenaga kurir, 28 pengemudi, dan 20 unit Armada.

Rovan mengungkapkan, untuk tahun ini Oexpress menargetkan bisa melayani seluruh pulau Jawa. Saat ditanyakan mana yang akan lebih fokus dikembangkan apakah layanan agregator atau in-house eskpress, Rovan menandaskan, pihaknya lebih memfokuskan pada bisnis in-house. “Karena in-house kita bisa mengontrol service, tapi saat ini karena banyak daerah yang belum kita cover kita berpartner dengan menjadi agregator,” tuturnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.