Pengiklan tentunya menginginkan Facebook Page produknya menyasar kelompok orang yang sesuai dengan target konsumen yang mereka inginkan. Facebook menyediakan sejumlah fitur yang memastikan pengiklan bisa dengan mudah menyasar kelompok orang yang mereka inginkan, baik dari jenis kelamin, umur bahkan sampai dengan tempat tinggal mereka. Tentunya semakin spesifik sasaran konsumen produk pengiklan akan semakin besar tingkat interaktfitas antara calon konsumen atau pelanggan dengan Facebook Page produk.
Fitur pengaturan ini bisa dilakukan pada setiap posting yang dibuat pada Facebook Page pengiklan. Facebook menyediakan 2 fitur pengaturan sasaran konsumen atau audiens Page sebagai berikut:
–Â Â Â Â Â Â Â Â Â Fitur pengaturan audiens dari posting Page Anda.
Fitur ini memungkinkan pengiklan untuk mengatur lokasi (atau negara) dimana posting akan muncul.
–Â Â Â Â Â Â Â Â Â Fitur pengaturan filter target News Feed dari posting Page Anda
Fitur ini mengatur pembatasan kelompok orang yang akan menerima posting dari Page pengiklan pada News Feed laman Facebook milik mereka. Sejumlah pembatasan yang tersedua antara lain adalah jenis kelamin, usia maupun tempat tinggal mereka.
Untuk mulai melakukan pengaturan sasaran konsumen atau target audiens produk, pengiklan harus mengaktifkan kemampuan untuk mengatur audiens pada Page. Ini bisa dilakukan dengan mengaktifkan ‘Post Privacy Gating’ (pembatasan pasca privacy) pada setting Page. Untuk mengaktifkan fitur ini, berikut langkahnya:
- Pada bagian atas Page, klik ‘Edit Page’
- Pilih ‘Edit Settings’
- Klik ‘Post Privacy Gating
- Centang kotak di samping ‘Post Privacy Gating’
- Klik ‘Save Changes’
#1 – Pengaturan Audiens sebuah Posting
Pengaturan audiens dilakukan dengan meng-klik menu Public sebelum menulis posting dan pilih Location / Language (lokasi/ bahasa). Ketik nama negara atau bahasa dari orang yang Anda targetkan sebagai audiens Page Anda.
Dengan demikian, posting yang Anda buat akan muncul di News Feed orang yang tinggal di negara atau bahasa pilihan Anda. Jika orang berbagi posting Anda denga teman-teman mereka, maka pengaturan lokasi dan bahasa tetap akan berlaku sehingga hanya mereka dengan negara dan bahasa sesuai pilihan Anda yang bisa melihat posting.
#2 – Pengaturan Filter Target News Feed
Pengaturan filter target News Feed dilakukan agar hanya orang-orang yang sesuai dengan sasaran konsumen bisa melihat posting produk pengiklan.
Untuk mengatur filter target News Feed berikut langkahnya:
- Sebelum mem-publish posting, klik tanda Θ untuk mengatur filter target audiens
- Klik ‘Add Targeting’ atau pilih salah satu dari filter berikut:
- Gender (Jenis kelamin)
- Relationship Status (Status hubungan)
- Education (Pendidikan)
- Interested In (Tertarik dalam)
- Age (Umur)
- Location (Lokasi)
- Language (Bahasa)
- Klik opsi di bagian kanan untuk memutuskan pilihan filter Anda. Misalnya, ketika menargetkan audiens dengan jenis kelamin perempuan, maka klik ‘Female’ untuk memastikan bahwa posting hanya akan muncul pada News Feed milik pengguna Facebook perempuan.
- Selesai menambah filter, klik ‘Post’
Ketika menambah filter, jumlah orang yang Anda sasar untuk posting Anda akan muncul di bagian ‘Targeted to’. Semakin banyak filter yang Anda tambahkan, jumlah orang pun akan semakin berkurang. Jumlah minimum target audiens Anda adalah 20 orang. ( Sumber: Weber & Shandwick )