Optimalkan Facebook Untuk Merangkul Pelanggan Anda

0
760

zshandwick

Perkembangan fenomenal media sosial dalam bidang pemasaran dan bisnis, baik besar maupun kecil, telah mendorong penggunaan Facebook sebagai platform bisnis yang menguntungkan.

Menggunakan strategi sosial media yang tepat, Brand bisa dengan efektif membangun hubungan serta berdialog dengan komunitas yang ada di Facebook untuk menciptakan awareness (kesadaran merek) dan menciptakan peluang bisnis.

Penting untuk diperhatikan bahwa untuk menjadi lebih ‘sosial’ pelaku pemasaran harus merancang sejak awal apa yang akan dilakukan, karena pendekatan yang tidak personal tentunya akan menjadikannya tidak relevan bagi kebanyakan orang.

Saat ini, Brand semakin menyadari pentingnya untuk menjadi lebih ‘sosial’ dan memanjakan kebutuhan pelanggan sebagai bagian penting dari  kampanye pemasaran untuk menciptakan Brand dengan pengaruh besar. Untuk itu, Brand bisa melakukan 4 pendekatan untuk merangkul pelanggan dan mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan Facebook.

  1. BUILD (membangun)

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan eksistensi di media sosial, untuk membangun kesadaran publik akan Brand dengan menciptakan ‘Facebook Page’.

Facebook Page’ memungkinkan Brand untuk berbagi cerita dengan pelanggannya melalui timeline.

Membangun eksistensi di media sosial dapat memberikan nyawa pada bisnis Anda. Semua pelaku bisnis harus mengisi informasi pada profil mereka mengenai lokasi, kontak dan jam beroperasi juga menggunakan foto cover yang menarik. Ini merupakan informasi mendasar yang harus dimiliki oleh semua Brand.

  1. CONNECT (terhubung)

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan dan mengembangkan audiens dari jaringan media sosial dengan mengajak lebih banyak orang untuk menjadi fans atau penggemar dari ‘Facebook PageBrand tertentu.

Selain mendapatkan penggemar dengan cara biasa, Anda juga bisa menggunakan beberapa perangkat yang sangat mudah digunakan untuk menjangkau kelompok target audiens yang spesifik.

  1. ENGAGE (berinteraksi)

Setelah memiliki jaringan audiens yang sesuai di ‘Facebook Page’, langkah selanjutnya adalah untuk menciptakan interaksi dengan mereka melalui berbagai topik dan cerita yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Pada tahap ini pelaku bisnis harus bisa mengeksplor berbagai tipe konten untuk melihat mana yang paling berguna dan sesuai dengan target audiens mereka. Lemparkan pertanyaan yang berkaitan dengan bisnis, tingkatkan partisipasi, berbagi cerita dan konten yang eksklusif hanya untuk fans dan memberikan mereka hadiah atas interaksi dan partisipasinya di Page Anda.

Fitur ‘Promoted Post’ di Facebook juga dapat membuat konten-konten menarik menjadi iklan yang ditargetkan pada kelompok audiens spesifik. Merupakan hal yang penting bagi pelaku bisnis untuk memiliki kemampuan dalam menghasilkan konten dengan daya tarik tinggi.

  1. INFLUENCE (mempengaruhi)

Saat Anda sudah memiliki kumpulan audiens yang berinteraksi, Anda bisa mulai memicu komunikasi dari mulut ke mulut. Riset menunjukkan bahwa mempengaruhi teman dari penggemar Brand dapat meningkatkan penjualan.

Hal ini juga bermanfaat untuk bisnis-bisnis kecil dan menengah, seperti restoran setempat, bahkan dokter gigi yang terpercaya. Pelanggan mereka seringkali datang dari rekomendasi mulut ke mulut.

Pelaku bisnis bisa mulai dengan mempelajari perangkat yang terdapat di media sosial serta konten-konten spesifik yang mungkin menarik bagi para fans.

Strategi marketing dari mulut ke mulut ini didukung oleh jangkauan lingkup global dari Facebook, memungkinkan pemasang iklan untuk menjalankan kegiatan atau kampanye dan menjangkau publik di seluruh dunia.

Pendekatan ini merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Bukan hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Karena itu, bukankah sudah saatnya untuk bergabung dengan pasar dunia? ( Sumber: Weber Shandwick)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.