Pangsa Pasar Android Terus Meroket, BlackBerry Tergelincir

0
929

smartphones_rect

Smartphone kini sudah bukan lagi menjadi barang mewah. Hampir semua orang menggunakan smartphone. Mereka menggunakan smartphone agar bisa online kapan saja dan di mana saja. Nah, berapa kira-kira jumlah smartphone yang telah dikapalkan di seluruh dunia?

Menurut Canalys, pengapalan smartphone di seluruh dunia tahun depan akan mencapai lebih dari 1,5 miliar unit. Atau 73% dari pengapalan ponsel secara keseluruhan. Sementara itu pengapalan model Android akan melebihi angka satu juta unit atau 67,1% dari total smartphone yang dikapalkan selama tahun ini.

Sepanjang tahun 2012, lebih dari 470 juta smartphone Android telah dikapalkan di seluruh dunia. Jumlah tersebut akan meningkat dua kali lipat pada tahun 2017, ungkap Canalys.

Canalys memperkirakan, pada periode yang sama pengapalan perangkat Apple juga akan terus tumbuh, namun tidak secepat Android. Pangsa pasar smartphone global Apple juga diperkirakan akan turun dari 19,5% menjadi 14,1% pada tahun 2017.

“Pertumbuhan Apple akan terhambat oleh momentum kebangkitan di pasar smartphone low-end. Di mana Apple tidak hadir di segmen ini,” kata Jessica Kwee, analis Canalys. “Dominasi lanjutan Android adalah karena skalabilitas platform.”

Sementara itu, Canalys juga memperkirakan pangsa pasar Microsoft di pasar smartphone global diperkirakan akan mencapai 12,7% pada tahun 2017, naik dari sebelumnya 2,4% pada 2012.

“Microsoft telah membuat beberapa kemajuan dengan memungkinkan Huawei dan Nokia menawarkan produk Windows Phone dengan harga yang kompetitif,” lanjut Kwee.

Nokia merupakan vendor paling aktif dibanding mitra Microsoft lainnya dan terus membuat kemajuan yang mantap dengan Lumia-nya. Baru-baru ini Nokia telah memiliki beberapa operator besar di dua pasar smartphone – Cina dan Amerika Serikat – yang akan membantu membangun momentum dalam jangka pendek.

Tapi dalam jangka panjang, vendor asal Cina merupakan yang terbaik untuk menantang dominasi Samsung. Microsoft sudah memiliki hubungan dengan Huawei dan ZTE dalam bidang telepon, dan Lenovo merupakan mitra utama dalam bidang PC.

Canalys juga meramalkan bahwa pangsa pasar Blackbery akan tergelincir menjadi 4,6% dari 4,8% pada tahun 2017.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.