Pelanggan Butuh Solusi, Bukan Promosi Penjualan

Pelanggan Butuh Solusi, Bukan Promosi Penjualan

Apakah setiap orang punya prospek untuk menjadi pelanggan? Belum tentu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai melakukan hal-hal yang bisa menganggu upaya penumbuhan pelanggan. Beberapa di antaranya:   

Gagal membangun kepercayaan

Keputusan pembelian sering kali didasarkan pada hubungan dan kepercayaan yang telah dikembangkan selama proses penjualan. Bangun ikatan yang kokoh dengan calon pelanggan Anda sejak dari masa promosi.

Kurang memahami produk

Konsumen memiliki akses ke informasi lebih dari sebelumnya. Terlepas dari itu, mereka berharap Anda solid dan tahu betul bagaimana hal itu akan memenuhi kebutuhan mereka.

Tidak mengajukan pertanyaan yang tepat atau mendengarkan kebutuhan mereka

Memahami kebutuhan dan tujuan pelanggan adalah penting. Semenarik apapun penawaran Anda, tapi jika Anda tidak melontarkan pertanyaan yang tepat untuk melayani atau memenuhi kebutuhan mereka, semua akan sia-sia.  Cobalah fokus pada tujuan pelanggan ketimbang menutup penjualan.

Terlalu fokus pada hasil akhir

Membuka hubungan artinya Anda harus fokus pada apa yang pelanggan inginkan. Setelah hubungan dan kepercayaan terbentuk harusnya mudah bagi Anda untuk meminta penjualan dan mudah juga bagi mereka untuk mengatakan ya.

Tidak menindaklanjuti.

Menindaklanjuti merupakan sebuah proses penjualan yang sering kali diabaikan para profesional. Kita semua sibuk. Tapi itu bukan alasan yang bisa diterima untuk tidak menindaklanjuti kesepakatan yang tertunda.

Ini terjadi biasanya karena terlalu banyak transaksi. Mereka biasanya memiliki banyak pilihan. Iklan Anda telah membangun kepercayaan, menunjukkan pengetahuan tentang produk yang kuat, memahami kebutuhan pelanggan dan telah mengembangkan hubungan. Anda diharapkan untuk menindaklanjuti. Jangan biarkan mereka memilih pesaing atau orang lain.

Kesimpulan

Pada akhirnya proses penjualan adalah tentang menunjukkan nilai. Jika klien mengenali nilai, maka harga harus sekunder. Pelanggan dan calon pelanggan membutuhkan solusi bukan promosi penjualan.

Lima alasan diatas dapat membantu Anda mengamankan bisnis, meningkatkan pangsa pasar dan menyenangkan pelanggan.

Editor: Wahid FZ

Sumber: SteamFeed

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.