Pelanggan First Media Melonjak 40% di Tengah Pandemi

Marketing.co.id – Adanya penerapan social atau pyshical distancing serta Work From Home (WFH), menuntut masyarakat akan kebutuhan konten digital dan akses layanan internet. Hal ini mempengaruhi kinerja PT Link Net Tbk dengan brand First Media, yakni mengalami kenaikan traffic internet secara signifkan sekitar 47% dan peningkatan jumlah pelanggan sebesar 40% pada pertengahan Maret hingga Mei 2020 – dibandingkan dengan periode sebelum WFH.

Berdasarkan pencatatan kuartal 1-2020, First Media telah menambahkan 73.629 Home Passed dan total menjadi 2,54 juta Home Passed. Di periode yang sama, peningkatan juga terjadi pada jumlah pelanggan baru yang naik 31.757 pelanggan, sehingga total menjadi 699.962 pelanggan; dimana32% pelanggan baru berasal dari Batam, Semarang, Medan, Solo, Bali dan kota lainnya. Hingga akhir Mei 2020, total penambahan pelanggan tercatat sebanyak 75.274, telah melampui penambahan pelanggan sepanjang tahun 2019 (73.498), dan total pelanggan menjadi 743.479.

First Media

Victor Indajang, Deputy CEO & Chief Operations Officer PT Link Net Tbk di acara Virtual Media Update menjelaskan, bahwa pandemi COVID-19 menjadi game changer di tahun 2020 dan mendorong percepatan tranformasi digital dari adanya perubahan perilaku masyarakat yang kini semakin dituntun untuk beradaptasi dengan aktivitas berbasis teknologi digital. Menghadapi kondisi ini, First Media memiliki empat fokus utama yakni Service Quality, Business Continuity Plan, Corporate Social Responsibility (CSR), dan dukungan untuk tetap produktif selama Work From Home dan Online Learning.

“First Media berkomitmen untuk selalu menjaga service quality kepada pelanggan, dimana saat ini sangat dibutuhkan koneksi yang stabil untuk mendukung aktivitas bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Dalam upaya memberikan layanan yang terbaik, First Media mengimplementasikan Business Continuity Plan untuk menjaga serta memastikan kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, seperti pemberian APD, penerapan displin baru, pembagian tim kerja, penggunaan virtual call center, dan virtual telesales,” papar dia.

Kemudian, First Media juga bertanggung jawab untuk bersama membantu melawan COVID-19 melalui kegiatan yang memberikan dampak sosial. Termasuk juga terus melakukan terobosan baru yang diharapkan dapat menambah kenyamanan pelanggan selama berada di rumah.

Di kesempatan yang sama, Deputy Chief Marketing Officer (CMO) PT Link Net Tbk Santiwati Basuki turut menjelaskan, selama masa pandemi, First Media terus berkomitmen untuk mendukung aktivitas dan produktivitas keluarga Indonesia melalui kampanye #HealthyFirst #SafetyFirst, yang telah dijalankan sejak Maret lalu.Selain itu, First Media juga terus berpartisipasi dalam memberikan apresiasi bagi tenaga medis yang masih terus menangani pasien COVID-19.

Sementara dari sisi layanan segmen korporasi– First Media Business, kebijakan Work From Home (WFH) pastinya berdampak terhadap berkurangnya aktivitas di perkantoran yang mempengaruhi bandwidth consumption. Pada pertengahan Maret, terlihat permintaan menurun. Namun, setelah memasuki masa transisi PSBB di Juni permintaan kembali naik. First Media Business sendiri berfokus pada penyediaan layanan internet bagi korporasi seperti sektor pemerintahan dan keuangan.

Agung Satya Wiguna, Enterprise Sales Director PT Link Net Tbk memaparkan, dalam upaya memberikan produk dan solusi di masa pandemi, tiga produk dihadirkan yaitu, First Klaz (online learning platform), Thermal Screening System, dan Cisco Webex untuk video conferencing solution. “Kami juga menghadirkan program Corporate Individual Scheme (CIS) dengan memberikan gratis layanan First Media selama 3 bulan, untuk mendukung klien kami dalam memastikan karyawannya tetap bisa produktif selama di rumah,ujar Agung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.