Portal Lengkap Dunia Marketing

MARKETING

Pelayanan Pelanggan dari Hati Pramugara dan Pramugari

Apa arti pelayanan pelanggan yang baik bagi Anda? Seperti apa kira-kira pelayanan pelanggan yang memuaskan di mata Anda?

Turkish airlines logoBeberapa waktu lalu, saya bertemu salah seorang teman dekat saya sesama ekspatriat saat kami masih sama-sama bekerja di Rusia. Kini, saya bekerja untuk Grup Marketing di Indonesia dan dia bekerja untuk Turkish Airlines. Ya, teman saya adalah orang Turki, jika Anda tertarik untuk mengetahuinya.

Teman saya, Ertuğ Günay, biasa dipanggil Ertuğ adalah seorang flight attendant, alias pramugara. Dia bersama teman-temannya para pramugari dan satu koki kelas bisnis, sedang di Indonesia sementara sebelum kembali ke Istanbul, Turki, untuk kembali bekerja. Karenanya, mumpung sedang ada di Jakarta, Ertuğ mengajak saya bertemu sambil jalan-jalan keliling kota. Nah, di sinilah inti kisah saya mengenai pelayanan pelanggan mulai bergulir.

Deskripsi kerja pramugara dan pramugari

Bagi  pramugara dan pramugari, pekerjaan mereka yang paling pertama dan utama adalah memastikan keselamatan penumpang pesawat. Namun, layanan pelanggan juga memiliki tingkat kepentingan yang sama. Secara singkatnya, para pramugara dan pramugari wajib memastikan Standar Keselamatan Penerbangan benar-benar dipatuhi dan dilaksanakan bersama.

Para  pramugara dan pramugari menyediakan layanan seperti penawaran makanan dan minuman, mendampingi penumpang dengan kebutuhan khusus, dan penyediaan hal-hal lainnya demi memenuhi kenyamanan penumpang. Sebagai tambahan, para pramugara dan pramugari bertanggung-jawab memastikan tersedianya P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan).

Pelayanan Pelanggan = Jalan Menuju Sukses

Ertuğ bercerita kepada saya bahwa bahwa menjadi pramugara bukan pekerjaan mudah. Kadang bisa sangat melelahkan secara mental yang kemudian ikut melelahkan fisik. Salah satu hal yang harus dikuasai adalah kemampuan berempati, yang menjadi batu pijakan utama saat melayani pelanggan. Lebih lanjut lagi, kemampuan mendengar apa yang disampaikan pelanggan dalam situasi apa pun juga wajib dikuasai.

Andika Priyandana (ki) and Ertuğ Günay (ka)

Andika Priyandana (ki) and Ertuğ Günay (ka)

Hal-hal tersebut saya lihat dari Ertuğ dan teman-temannya saat kami berjalan-jalan bersama mengelilingi Jakarta. Mereka mampu berinteraksi dengan orang-orang yang sebenarnya bukan pelanggan Turkish Airlines dengan sangat baik di mana pun, kapan pun, dengan siapa pun. Baik di museum hingga di pusat perbelanjaan, anak-anak hingga orang tua.

Karakter melayani pelanggan dari hati juga mereka tunjukkan kepada saya saat menyambangi hotel tempat mereka menginap. Ertuğ memberikan saya bajunya karena baju yang saya kenakan basah oleh hujan. Teman-temannya secara sigap menawari saya minuman dan membuatkan saya kopi susu.

Ertuğ dan teman-temannya juga memiliki ketahanan fisik dan mental yang sangat baik, plus humor yang mampu membuat mereka tidak menanggapi suatu hal terlalu personal. Bahkan mereka juga mampu membuat orang-orang di sekeliling tertawa bersama-sama.

Jadi, saya sama sekali tidak heran jika Turkish Airlines adalah salah satu maskapai dengan kualitas pelayanan pelanggan yang sangat baik. Sekarang, entah Anda pemilik bisnis, profesional, atau karyawan yang memiliki tujuan meraih posisi puncak, sudahkah Anda melayani pelanggan Anda dengan baik dan dari hati? (Andika Priyandana)

 

This article powered by eXo Digital Agency. eXo is a digital media agency serving local and international brands ranging from SME (small and medium enterprises) to multinational companies from various industries. We are an all-round agency with tremendous experience in digital activation, social media, search engine marketing, interactive game, web and software development.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top