Peluang Besar Bisnis Online di Indonesia

0
1076
Peluang Bisnis Online di Indonesia
Peluang Bisnis Online di Indonesia

Marketing.co.id – Beberapa tahun belakangan ini  wirausaha memang sedang digandrungi oleh banyak orang. Buku, kursus, dan seminar  yang berkaitan dengan bisnis selalu laris.

Tren tersebut tampaknya akan terus melambung di tahun ini. Bisa kita lihat banyaknya komunitas bisnis yang terus berkembang pesat.(Baca: Tren bisnis yang layak Anda simak di 2013).

Fenomena ini didukung oleh besarnya populasi pengguna internet di Indonesia yang tercermin dari tingginya jumlah penduduk Indonesia yang juga merupakan ‘warga’ di media sosial.

Riset Socialbakers.com menyebutkan, penduduk Jakarta merupakan populasi terbesar kedua di media sosial Facebook dengan 11.658.760 pengguna. Sementara Indonesia menempati posisi kelima dalam daftar populasi terbesar Twitter dengan jumlah pengguna yang mencapai 29 juta.

Data tersebut membuktikan bahwa Indonesia  merupakan negara dengan penduduk yang sangat aktif di media sosial. Kedekatan masyarakat Indonesia dengan  jaringan internet ini menjadikan industri e-commerce sebagai “lahan basah” bagi para netpreneur –para wirausahawan online – untuk menjalankan usaha kecil dan menengahnya.

Setidak ada tiga tonggak utama dalam industri bisnis online:

E-commerce

Banyak orang yang menyadari tren e-commerce dalam dunia bisnis. Mereka yang sebelumnya tidak memiliki bisnis pun mencoba peruntungannya dengan mencoba untuk memulai bisnis online sekarang.

Netpreneur

Sekarang ini, media sosial tidak lagi digunakan hanya untuk bersosialisasi, melainkan juga menjadi sarana berkegiatan ekonomi. Nah, para pebisnis online ini juga dikenal dengan sebutan netpreneur. Apakah Anda seorang netpreneur?

Pengguna aktif internet

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang sangat aktif di media sosial. saat ini, Indonesia memiliki 62,9 juta pelanggan layanan internet, dan sebanyak 29  juta di antaranya adalah pengguna Twitter. Sementara untuk pengguna ponsel, jumlahnya hampir sama dengan jumlah penduduknya, yakni 220 juta. (Baca: Twitter, media sosial dengan pertumbuhan tercepat di dunia)

Ketiga tonggak utama dalam industri bisnis online ini jika di arahkan dengan benar, akan menyokong perekonomian Indonesia. Bukan tidak mungkin jika pada gilirannya nanti, kewirausahaan online dapat menjadi solusi permasalahan ekonomi di Indonesia.

Apakah Anda memiliki bisnis online? Jika Anda ingin memulai binsis online, coba Anda baca juga 10 langkah praktis memulai bisnis online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.