Pemenang Pertama Hyundai Startup Challenge 2022 Dapat Hadiah 32 Juta Won

Marketing.co.id  –  Berita Digital Techno ||Hyundai Motor Group menyelenggarakan Demo Day dan seremonial penghargaan ‘Hyundai Startup Challenge 2022’ di Jakarta, pada  25 November. Tahun ini Hyundai Startup Challenge, memasuki tahun ketiga dan telah memilih deretan usaha sosial yang dapat memberikan dampak sosial dan memecahkan berbagai masalah sosial terkait dengan sektor lingkungan, pekerjaan, kendaraan listrik, dan kesehatan di Indonesia.

Terdaftar 826 tim pada tahap rekrutmen, hal ini menunjukkan rasio kompetitif tertinggi yang pernah ada yaitu mencapai 55:1. Bagi 15 tim yang akhirnya terpilih ini mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi Hyundai Motor Manufacturing Indonesia sebagai pabrik anak perusahaan Hyundai Motor di Indonesia dan mendapatkan bimbingan konsultasi dari para ahli selama program berlangsung. Selain itu, setiap tim diberikan hibah senilai 9 juta won selama program tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

Sebagai sesi penutup program akselerasi tersebut, digelar Demo Day pada Jumat, 25 November 2022. Demo Day yang berlokasi di Studio 1, Epicentrum XXI, Jakarta Selatan menekankan pada tiga aspek penting, yaitu: Move Sustainability Forward, Move Equality Forward, dan Move Accessibility Forward.

Baca juga: Industri Telko Dinilai Mampu Jadi Penopang Keberlangsungan Startup

Pada kesempatan Demo Day, Hyundai mengumumkan beberapa pemenang kompetisi Hyundai Start-up Challenge. Pemenang pertama tim Hear Me, dengan karya yang dapat meningkatkan aksesibilitas bagi penderita tunarungu dalam kehidupan sehari-hari melalui pengembangan aplikasi terjemahan/interpretasi bahasa isyarat, berhasil mendapatkan hadiah sebesar 32 juta won.

Pemenang kedua adalah Syams, dengan hasil karya yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat lokal, membuat kerajinan tangan tradisional Indonesia melalui daur ulang yang menarik perhatian. Syams mendapatkan hadiah sebesar 16 juta won.

Pemenang ketiga, Algobash, dengan karya Enabler e-commerce bekerja pada platform berbasis teknologi untuk mendukung tenaga kerja digital, menyelesaikan kesenjangan pendidikan melalui pelatihan programmer Indonesia dan platform tanya-jawab ini, berhasil mendapatkan hadiah sebesar 8 juta won.

Hyundai Startup Challenge 2022
Pada Hyundai Start-up Challenge Indonesia 2022 ini, tim Hear Me keluar menjadi pemenang pertama dalam kompetisi tersebut, peringkat kedua diraih oleh tim Syams dan peringkat ketiga ditempati oleh tim Algobash.

Hyundai Start-up Challenge Indonesia 2022 Demo Day, pertama kalinya diadakan secara offline pada tahun ini dan dihadiri oleh lebih dari 100 usaha sosial serta para investor lokal dan perwakilan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia

“Seiring dengan semakin eratnya kerja sama antara Indonesia dan Hyundai, saya percaya bahwa nilai-nilai yang dibawa Hyundai Startup Challenge juga akan terus meningkat. Hyundai Motor Company akan terus membantu menyelesaikan masalah sosial Indonesia melalui cara-cara kreatif dan inovatif, serta berkontribusi dalam membina wirausaha muda di berbagai bidang,” tutur Lee Kang Hyun, Vice President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters.

Baca juga: Isu Lingkungan Lebih Populer Dibandingkan Isu Sosial

Direktur Aplikasi, Permainan, TV, dan Radio, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Iman Santosa, mengatakan karya-karya dari para pemenang sangat penting untuk meningkatkan kapasitas perkembangan ekonomi digital di masa depan.

“Kemampuan dan keunggulan digital networking yang dimiliki oleh generasi muda senantiasa harus berjiwa mandiri, kreatif, kolaboratif, inovatif, dan memahami teknologi agar mampu bersaing di era 5.0, sehingga semakin memperkuat ekosistem digital di Indonesia,” tutur Iman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.