Pemilik UKM Harus Merambah Dunia Mobile

Meski internet telah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian kalangan, namun menurut Kristy Campbell, Marketing Director Manta, pemilik UKM harus lebih spesifik dalam membuat pola pemasaran mereka, dengan fokus untuk merambah dunia mobile.

“Kami melihat efek yang luar biasa dari pergeseran belanja ke sistem online, terutama selama musim liburan dan lewat perangkat mobile. Ini terjadi pada masyarakat UKM,” jelas Kristy. “Dengan perubahan demografi dan kebiasaan mobile di era milenium yang kian pesat, tren ini akan terus berkembang dan sangat penting untuk diraih.”

pemilik UKM harus merambah dunia mobile

Sekarang, semua kalangan rata – rata memiliki akses ke dunia digital lewat genggaman tangan mereka. Jika Anda bisa menghadirkan sesuatu yang mereka inginkan dengan langsung ke genggaman tangan mereka, apa lagi yang Anda inginkan?

Tak mudah memang untuk bisa menyuguhkan merek Anda ke target pasar yang benar – benar tepat. Kendati sudah tepat, belum tentu juga mereka membutuhkan barang/jasa yang Anda tawarkan. Untuk itu, Kristy memberikan beberapa tips untuk Anda para pemilik bisnis UKM agar bisa maksimal dalam memanfaatkan dunia mobile.

1.      Fokus pada konsumen lokal

Salah satu keuntungan yang didapat dari pemilik bisnis UKM ketimbang merek besar adalah, masyarakat UKM lebih mengetahui siapa khalayak dan komunitas konsumennya, karena jumlahnya yang masih belum besar dan tersebar luas. Nah, kelebihan ini bisa Anda gunakan untuk mencari tahu, apa keinginan para konsumen. Banyak – banyaklah berkomunikasi dengan mereka.

2.      Rangkul pangsa anak muda

Meski tiap golongan rata – rata sudah memiliki ponsel yang terkoneksi dengan jaringan internet, namun anak muda lah generasi yang paling menggilai smartphone. Hal itu terbukti dengan dominasi anak muda di setiap media sosial. Jadi, penting untuk merangkul dan memberi kemudahan pada mereka dalam mengakses berbagai hal yang berhubungan dengan merek dagang Anda.

3.      Tepat waktu

Pandai melihat waktu sangat dibutuhkan. Pastikan Anda tahu momen apa yang terjadi pada waktu – waktu tertentu untuk memberikan informasi dan promo yang tepat. Perhatikan pula jam – jam yang membentuk pola komunikasi konsumen Anda.

4.      Paket unik

Tak ada salahnya untuk menawarkan berbagai paket menarik nan unik kepada konsumen Anda dengan diskon. Lebih murah dengan mendapat banyak produk akan menjadi alasan konsumen Anda membeli. Selain jumlah barang yang terjual semakin banyak, paket ini juga akan membuat khalayak mengenal produk Anda yang lain.

Jadi, kenapa Anda masih ragu untuk merambah dunia mobile?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.