Pemkot Tangsel, Propan Raya & IAI Banten Menggelar Sayembara Desain Arsitektur

0
25
Propan

Marketing.co.id – Berita Lifestyle  | Pemerintah Kota Tangerang Selatan bersama PT Propan Raya dan IAI Banten akan melaksanakan sebuah Sayembara Desain Arsitektur yang mengangkat tema “Sayembara Desain Bundaran Maruga Kota Tangerang Selatan”.

Propan

Informasi yang disampaikan pada acara Talk Show “Mengupas Sayembara Desain Arsitektur” di ARCH:ID Square Pameran ARCH:ID Architectural Conference and Exhibition, baru sebatas soft launching. Sementara, peluncuran resminya akan dilaksanakan pada Senin, 1 Agustus 2022, yang bertempat di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel).

Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga Ichsan mengungkapkan, bahwa diumumkannya acara “Sayembara Desain Bundaran Maruga Kota Tangerang Selatan” di Pameran ARCH:ID ini sekaligus menjadi undangan bagi para arsitek yang hadir di Pameran ARCH:ID dan seluruh arsitek di Indonesia, bahkan dunia, untuk ikut berpartisipasi mengikuti sayembara sehingga diharapkan dapat menghasilkan desain arsitektur yang terbaik bagi Kota Tangerang Selatan atau dikenal dengan nama Tangsel.

“Dipilihnya Kawasan Bundaran Maruga sebagai Sayembara Desain Arsitektur karena Pemerintah Kota Tangsel memiliki harapan bahwa area ini dapat menjadi “Etalase Kota” yang merepresentasikan Kota Tangsel sebagai Kota Cerdas, Modern, dan Religius yang menjadi pusat hunian, perdagangan, dan jasa,” ujar dia.

Sayembara ini merupakan sayembara terbangun yang sudah masuk anggaran APBD tahun 2023. Sehingga, ajang ini merupakan kesempatan baik bagi para arsitek karena hasil karyanya akan dibangun di Kota Tangsel dan akan menjadi proyek reference yang hebat bagi pemenangnya.

“Bundaran ini ke depannya diharapkan dapat menjadi Landmark yang menarik bagi Kota Tangerang Selatan, sehingga kami berkeinginan melaksanakan Sayembara. Sebuah kebanggaan bagi kami juga dapat berkolaborasi dengan PT Propan Raya yang selama ini komit dalam mendukung sayembara desain, serta IAI Banten karena Tangsel berada di Banten. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada arsitek BDD – Bintaro Design District, yang turut mendukung kegiatan ini,” ucap Pilar.

Yuwono Imanto, Direktur Propan Raya yang turut menjadi motor penggerak sayembara ini memaparkan, bahwa sayembara ini merupakan ajang yang baik bagi para arsitek untuk menunjukkan karya terbaiknya dan mengasah kemampuan desain arsitekturnya.

“Propan Raya tercatat sudah 8 kali melakukan sayembara sejak tahun 2012 hingga tahun 2019, lalu sempat terhenti karena pandemi. Sekarang, kami siap untuk aktif lagi bergerak untuk mendukung kegiatan arsitektural melalui Sayembara Desain Bundaran Maruga Kota Tangerang Selatan,” ucap Yuwono Imanto.

Yori Antar, arsitek profesional dan ditunjuk sebagai ketua juri “Sayembara Desain Bundaran Maruga Kota Tangerang Selatan” mengajak seluruh arsitektur untuk mengikuti kegiatan ini. “Tak semua sayembara terbangun, ada yang berupa sayembara ide gagasan dan ada sayembara terbangun. Sebuah kesempatan besar bagi para arsitek untuk ikut menjadi peserta bahkan bisa jadi pemenang karena hasil karya dapat dinikmati oleh masyarakat umum,” ucap Yori Antar.

Ar. Pierre A. Pongai, IAI, selaku ketua IAI Banten menyampaikan dukungan penuh IAI Banten dalam kegiatan sayembara Kota Tangerang Selatan ini. “Kami tentunya sangat mendukung kegiatan positif yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Kami juga siap bantu publikasi kepada para arsitek sehingga akan didapat hasil yang sesuai dengan harapan,” ucapnya.

Bagi teman-teman arsitek yang ingin tau lebih detail mengenai “Sayembara Desain Bundaran Maruga Kota Tangerang Selatan” dapat diakses di website Pemkot Tangsel, media sosial Propan Raya atau IAI Banten pada Senin, 1 Agustus 2022.

Bahkan, bagi para arsitek yang ingin hadir acara Launching, diperkenankan hadir di Pemkot Tangsel, Jalan Raya Maruga No.1, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, atau melalui link zoom yang akan di share melalui website dan media sosial Tangsel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.