Pendapatan Bulanan Dalam Aplikasi Fintech, eCommerce dan Game Pecah Rekor di 2021

Marketing.co.id – Berita Digital | Adjust, platform mobile marketing analytics global, baru saja meluncurkan laporan tren mobile app tahunan, yang menunjukkan bahwa pertumbuhan mobile app terus mengalami  akselerasi di seluruh dunia pada tahun 2021.

Menurut data Adjust, aplikasi fintech, e-commerce serta game unggul dan berhasil meraih  pendapatan dalam aplikasi bulanan yang memecahkan rekor di tahun 2021. Peluncuran iOS 14.5 Apple dan AppTrackingTransparency (ATT) framework di bulan April 2021 telah  mendorong industri mobile marketing untuk menilai kembali cara mereka menangani privasi pengguna  dan pelacakan.

Walaupun estimasi awal menggunakan hipotesis bahwa tingkat persetujuan di seluruh  industri hanyalah 5%, data Adjust menunjukkan bahwa angka sesungguhnya sekitar 25% (meningkat dari  16% di bulan Mei 2021) dan aplikasi game bahkan mencapai 30%.

Laporan global — yang didasarkan pada Top 2000 aplikasi menurut Adjust dan dataset aplikasi yang  dilacak — menganalisis tren jangka panjang dari segi jumlah instalasi, jumlah sesi, waktu yang  dihabiskan untuk menggunakan aplikasi, retensi, tingkat re-atribusi, dan sebagainya di seluruh dunia.  Dengan informasi ini, para developer dan marketer dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik  tentang audience mereka dan kondisi app economy.

“Terlepas dari tantangan yang terjadi selama setahun terakhir, ekosistem mobile app terus berkembang,  ini menunjukkan bahwa industri app marketing sangat kuat dan mudah beradaptasi,” kata Simon  “Bobby” Dussart, CEO Adjust. “Agar dapat menjangkau pengguna, para marketer dan tim UA perlu  mengandalkan strategi berbasis data untuk meningkatkan retensi dan terus mencari, mengatribusikan,  dan mengukur audience baru dan yang ada.”

Kesimpulan tambahan dari laporan ini adalah jumlah instalasi dan jumlah sesi aplikasi fintech di seluruh dunia meningkat sebesar 34% dan  53% YoY, mobile e-commerce kini semakin kuat, jumlah instalasi aplikasi e-commerce meningkat sebesar  12% YoY di tahun 2021 dan November menjadi bulan dengan kinerja terbaik, yakni 20% di  atas rata-rata tahunan, aplikasi hiperkasual akan tetap bertahan dengan pangsa terbesar untuk instalasi game (27%),  sementara action game memberikan kontribusi terbesar dari jumlah sesi (30%).

Dussart menyebutkan bahwa walaupun berbagai tantangan masih akan terus terjadi di tahun 2022,  berbagai peluang dapat dimanfaatkan di tahun ini karena kebutuhan dan keinginan pengguna untuk  mengunduh aplikasi akan semakin terlihat.

“Aplikasi tidak hanya menyediakan hiburan yang luar biasa  dan unggul secara global serta cara-cara yang mudah untuk menyelesaikan tugas dan meningkatkan  kehidupan sehari-hari; aplikasi juga memecahkan masalah dan memberdayakan pengguna di berbagai  negara di seluruh dunia,” pungkas Dussart.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.