Pengertian Simple Mail Transfer Protocol pada Layanan Email

0
169

Marketing.co.id – Berita Digital | SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. Seperti yang kita ketahui, di era serba digital ini, banyak orang termasuk Anda pasti memanfaatkan media digital untuk memudahkan setiap kegiatan dan aktivitas.

Salah satu contoh media digital yang sering digunakan adalah email. Dalam berbagai kegiatan, email menjadi pilihan untuk memudahkan pekerjaan. Tentu saja karena selain menghemat waktu dan tenaga, biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih terjangkau.

Sekilas Mengenai Protokol Pada Email

Ketika komputer berkomunikasi dengan komputer lain, tentu memerlukan sebuah aturan dan instruksi yang harus diikuti oleh setiap komputer. Ini dinamakan dengan istilah protokol.

Protokol sendiri bisa dikatakan sebagai sebuah jembatan penghubung antara komputer satu dengan yang lainnya. Protokol sendiri memiliki fungsi yang berhubungan dengan pengiriman serta penerimaan email yaitu SMTP, POP3, dan IMAP.

Apa Itu SMTP?

Sebelumnya Anda sudah tahu SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol. SMTP merupakan salah satu protokol standar yang digunakan untuk mengirim email dari lokal ke server maupun ke alamat email penerima. Fasilitas SMTP sendiri bisa didapatkan dengan menyewa layanan shared hosting, sewa VPS murah, atau dedicated server yang sudah dilakukan konfigurasi.

SMTP memiliki 3 port yang bisa digunakan. masing-masing memiliki perbedaan dari seri enkripsi yang digunakan. Port 25 biasanya digunakan untuk non SSL, port 587 digunakan untuk TLS dan 465 digunakan untuk SSL.

Oleh sebagian ISP, port 25 dianggap berbahaya sehingga sudah ditutup. Hal ini karena tidak adanya encryption module yang digunakan. seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, protokol ini tidak bisa dilepaskan dari protokol lainnya yaitu POP3 dan IMAP.

Fungsi Dan Kegunaan SMTP

Jika Anda memiliki website yang di dalamnya terdapat contact form maupun pengiriman email ke alamat email pengunjung, maka perlu melakukan setting SMTP website. Protokol ini berfungsi untuk pengiriman email dari website ke alamat email tujuan.

Contoh penerapannya yaitu ketika Anda memiliki sebuah halaman registrasi maupun pendaftaran pada website. Maka ketika pengguna selesai melakukan registrasi, akan ada email yang dikirimkan dari web Anda ke alamat email pendaftar. Dalam hal ini, SMTP memiliki fungsi untuk mengirim email tersebut.

SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol yang bisa membantu proses pengiriman email menjadi lebih mudah dan cepat. selain itu kerahasiaan pribadi user maupun pengguna juga akan terjaga.

Anda akan menemukan banyak vendor yang telah menyediakan layanan email ini bagi pengguna. Prosesnya mudah dan bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. SMTP mempermudah pengguna dalam sistem komunikasi terutama bagi pengguna yang berada di lokasi sangat jauh maupun di luar negeri.

Bagaimana Cara Setting SMTP di Website?

Sebenarnya Anda bisa melakukan setting SMTP dengan alamat email domain yang dibuat di hosting maupun email profesional lainnya. Namun untuk kebutuhan SMTP, disarankan untuk menggunakan email domain agar terkesan lebih profesional.

Apabila sudah membuat email menggunakan domain, maka perlu memasang library untuk pengiriman email SMTP pada website. Ini bertujuan untuk mempermudah proses setting yang akan dilakukan di website itu sendiri. Baca juga: Cara membuat website yang menghasilkan uang

Cara Mengaktifkan SMTP Gmail

Setelah membahas mengenai pengertian dan fungsi dari SMTP, maka Anda tentu ingin mengetahui bagaimana cara mengaktifkan SMTP di gmail dengan mudah dan cepat. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pastikan sudah memiliki akun Google.
  • Akses untuk menuju cPanel yang ada di hosting kamu.
  • Selanjutnya Anda bisa aktifkan fitur “Less secure apps”.
  • Nantinya Google secara otomatis akan memblokir perangkat yang sudah tidak sesuai standar keamanan di waktu tersebut. Oleh karena itulah Anda perlu mengaktifkan fitur Less secure apps terlebih dahulu.
  • Silahkan masuk ke akun Gmail Anda dan pilih menu “Setting” untuk melakukan pengaturan.
  • Jika sudah maka bisa pilih menu “Tap forwarding IMAP/POP” yang sudah tersedia.
  • Selanjutnya Anda bisa memilih format “Enable IMAP”.
  • Kemudian bisa dilanjutkan dengan masuk ke tahap PHPmailer untuk melihat script PHP mail yang ada dan akan digunakan nantinya.
  • Setelah semua cara di atas berhasil dilakukan, Anda bisa mengakses “Repository PHPmailer” pada bagian Github.
  • Jangan lupa untuk mengunduh script yang tersedia di menu “Download zip or clone”.
  • Anda nantinya bisa menyimpan pesan secara langsung ke perangkat komputer.
  • Sekarang Anda bisa mengakses semua fungsi yang ada di dalamnya. Namun sebagai catatannya yaitu harus menggunakan fitur-fitur tersebut dengan cara yang baik dan benar.

Dengan mengaktifkan SMTP tersebut maka akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk bisa langsung mengirim surat elektronik maupun email ke alamat tujuan. Anda bisa lebih menghemat tenaga dan budget dengan proses pengiriman email yang lebih cepat.

Pada intinya, SMTP adalah singkatan dari Simple Mail Transfer Protocol yang sangat berperan untuk mengoptimalkan fungsi dari setiap perangkat agar bisa bekerja lebih cepat. Dengan mengaktifkan protokol tersebut nantinya akan membuat pekerjaan pengiriman email menjadi lebih ringan dan mudah untuk diselesaikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.