Penguasaan Saham Blibli di RANC Meningkat Signifikan

Marketing.co.id – Berita Marketing| Pada tanggal 27 Desember 2021 yang lalu, PT Global Digital Niaga (Blibli) telah menyelesaikan kewajiban pelaksanaan Penawaran Tender Wajib (PTW) atas saham-saham PT Supra Boga Lestari Tbk (kode saham: RANC) dengan melakukan transaksi pembelian dari para pemegang saham yang berpartisipasi dalam PTW.
Nilai pembelian seluruhnya adalah Rp780.209.730.000 (tujuh ratus delapan puluh miliar dua ratus sembilan juta tujuh ratus tiga puluh ribu rupiah) dengan jumlah saham yang ditransaksikan sebesar 305.964.600 saham atau 19,56% dari seluruh saham yang telah ditempatkan dan disetor penuh dalam RANC.
Baca juga: Total Processing Value Bukalapak Tumbuh 54%
Pelaksanaan PTW merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh Blibli setelah melakukan pengambilalihan atas RANC pada 30 September 2021 lalu dengan membeli 51% saham RANC.  Pengambilalihan tersebut akan semakin memperkuat posisi Blibli sebagai e-commerce terkemuka di Indonesia dan merupakan upaya untuk pengembangan usaha dengan terus memperluas ekosistem bisnis dan memberikan solusi yang komprehensif bagi para pelanggan, mitra sellers dan brand partners.
Strategi bisnis ini diharapkan mendorong pertumbuhan pendapatan serta skala bisnis Blibli secara sehat. Dimana kegiatan usaha RANC dapat memperkaya portofolio produk, sekaligus memperkuat solusi omnichannel Blibli dalam mengembangkan pilihan layanan pemenuhan kebutuhan sehari-hari melalui pengalaman ritel yang lengkap, seamless dan terintegrasi secara online maupun offline kepada pelanggan.
Baca juga: Kehadiran Omnichannel Sangat Penting Bagi Peritel Indonesia
Lebih lanjut, pengembangan layanan secara omnichannel ini nantinya turut melibatkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan bagian dari pemasok RANC melalui ekosistem teknologi Blibli sehingga para pelaku UMKM juga dapat memiliki kesempatan memperluas distribusi produknya ke seluruh Indonesia.

Blibli yakin dengan reputasi, kinerja dan potensi RANC yang positif, semakin memantapkan peluang dalam membesarkan pangsa pasar yang akhirnya memacu pertumbuhan bisnis kedua pihak.  Dengan dilakukannya transaksi tersebut, kepemilikan Blibli atas RANC meningkat yang semula  51% menjadi 70,56%.
Marketing.co.id: Portal Berita Marketing & Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.