Penjualan Pyridam Farma Naik 147% Selama Q2

Marketing.co.id – Berita Marketing I PT. Pyridam Farma Tbk dengan nama emiten PYFA mencatat penjualan sebesar Rp 105,1 milyar pada kuartal kedua 2021, meningkat 147% dibandingkan dengan kuartal kedua 2020. Secara year-to-date, PYFA mencatat penjualan bersih sebesar Rp 222,5 milyar pada laporan keuangan per 30 Juni 2021, meningkat 83% dari periode yang sama tahun 2020.

Pyridam

Direktur PT. Pyridam Farma Tbk (PYFA), Yenfrino Gunadi mengatakan, “Walaupun masih dalam situasi pandemi, namun berkat perencanaan yang matang dan langkah strategis PYFA berhasil meningkatkan performa yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Kami akan terus aktif untuk mengeksplorasi kesempatan untuk bermitra guna mengembangkan produk dan layanan PYFA untuk seluruh masyarakat Indonesia.”

Dia menambahkan, kenaikan penjualan ini didorong oleh pertumbuhan penjualan produk farmasi, servis, dan maklon, yang meningkat sebesar 47% dan pertumbuhan penjualan produk alat kesehatan yang meningkat tajam sebesar 725% atau sekitar 8 kali lipat dari tahun sebelumnya. Segmen produk alat kesehatan Perseroan terus berkembang dengan kontribusi sebesar 24%, dibandingkan dengan 5% kontribusi pada periode yang sama tahun 2020. Sedangkan segment produk farmasi, servis, dan maklon masih mendominasi penjualan dengan kontribusi sebesar 76% dari total penjualan.

Adapun EBITDA yang diperoleh adalah sebesar Rp 39,6 milyar, 261% lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu Rp 10,97 milyar. Kenaikan ini selain didorong oleh pertumbuhan penjualan, juga didorong oleh efisiensi biaya. Rasio biaya operasional terhadap penjualan bersih mengalami penurunan dari 58% pada semester pertama 2020 menjadi 37% pada semester pertama 2021.

Pada akhir buku Juni 2021, posisi kas PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) berada pada Rp 10,1 miliar dan total aset pada Rp 578 miliar. Sedangkan total liabilitas dan total ekuitas masing-masing berada pada Rp 403,4 miliar dan Rp 174,6 miliar.

Kedepannya PT Pyridam Farma. Tbk (PYFA) berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengeksplorasi kesempatan untuk menjalin kerjasama strategis dengan berbagai industri untuk memajukan industri farmasi di Indonesia, serta menghadirkan produk-produk yang menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.