Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Mengajukan KTA Untuk Modal Usaha

0
1557

Kredit Tanpa AgunanMembuka usaha memang menjadi impian setiap manusia terlebih yang sudah bosan menjadi karyawan. Namun, sering kali untuk membuka usaha diperlukan modal yang cukup besar. Bila tabungan tidak mencukupi maka jalan satu-satunya adalah dengan mengajukan pinjaman. Nah, sebelum memutuskan untuk pengajuan pinjaman, perhatikan dahulu 4 hal berikut :

  1. Pemetaan Bisnis

Petakan bisnis Anda dengan cara membuatnya lebih spesifik. Jika Anda memiliki usaha katering, tentukan apakah katering Anda diperuntukkan hanya untuk pernikahan dan perhelatan besar atau juga bisa melayani acara berskala kecil seperti seminar dan ulang tahun anak.

Dengan memetakan bisnis maka Anda bisa menghitung perkiraan pemasukan dan pengeluaran yang lebih akurat. Semakin besar jangkauan bisnis Anda, maka semakin tinggi pula potensi pemasukan yang bisa Anda dapatkan.Pastikan Anda mendapatkan laba usaha yang lebih dari cukup untuk membayar cicilan KTA sekaligus menambah jumlah tabungan.

  1. Tren Bisnis

Bisnis juga memiliki tren. Di Indonesia, jarang sekali ada pernikahan yang dilangsungkan pada bulan Ramadhan, karena ada kepercayaan bahwa bulan tersebut bukanlah bulan yang baik untuk menikah bagi umat Islam. Dengan melihat tren ini, bisa disimpulkan bisnis WO atau katering akan sepi pada bulan tersebut. Anda wajib memerhatikan tren bisnis yang berkembang, agar mengatur strategi bisnis ketika untuk mengantisipasi penurunan tren. Anda perlu melakukan ini untuk memastikan bahwa cicilan KTA Anda tetap terbayar dan usaha Anda tetap berjalan.

  1. Tabungan Cadangan

Tabungan cadangan sangat mutlak diperlukan untuk berjaga-jaga. Pastikan Anda memiliki tabungan yang cukup untuk membayar cicilan KTA setidaknya untuk periode 3 bulan ke depan. Misalnya cicilan KTA per bulan Anda sebesar Rp 1 juta. Maka setidaknya Anda memiliki Rp 3 juta di rekening tabungan darurat Anda. Jangan lupa, uang ini tidak boleh digunakan untuk keperluan lain, karena dana ini merupakan dana cadangan ketika Anda mengalami kesulitan membayar cicilan baik itu karena bisnis sedang sepi atau terjadi musibah yang tidak terduga.

  1. Disiplin

Selain melakukan ketiga hal di atas, Anda harus disiplin dalam membayar cicilan KTA. Jika Anda terlambat membayar KTA, maka Anda dapat dikenakan sanksi berupa penalti dengan nominal yang cukup tinggi. Ditambah lagi nama Anda sebagai debitur atau peminjam akan tercoreng di mata Bank Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.