Perkuat Merek Lewat Tiga Hal

Untuk menjadikan mereknya top di masyarakat, Yuasa punya resep jitu dalam membangun merek. Seperti apa resep strateginya?

yuasaBagi pemilik kendaraan, pemilihan aki yang tepat untuk kendaraan sangatlah penting. Kualitas aki adalah yang paling utama. Kualitas itulah yang diberikan oleh PT Santi Yoga, agen tunggal PT Yuasa Battery Indonesia, di seluruh produknya. Sebagai brand, nama Yuasa sudah menjadi top of mind di masyarakat sebagai aki berkualitas tinggi.

Hal ini dipertegas oleh Andreas L. Juwono, General Manager PT Santi Yoga. Menurutnya, “Produk aki Yuasa selalu mengutamakan kualitas di atas segalanya. Kami yakin aki yang bagus dan baik akan bisa membangun kepercayaan dari konsumen.” Dia pun menambahkan, salah satu keunggulan Aki Yuasa adalah hasil produksinya berada di bawah pengawasan dan audit langsung dari Yuasa Corporation di Jepang.

Dengan mengutamakan kualitas, aki Yuasa menjadi pilihan utama oleh brand pabrikan-pabrikan motor ternama dunia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki. Bahkan kini aki Yuasa digunakan oleh tim Repsol Honda yang berlaga di kompetisi MotoGP.

Untuk memperkenalkan kualitas aki Yuasa kepada masyarakat luas, perusahaan membangun komunikasi melalui kegiatan above the line (ATL) dan below the line (BTL). Aktivitas BTL yang dilakukan yaitu bergerak aktif menunjang kegiatan otomotif maupun non-otomotif di seluruh daerah.

Kini Yuasa juga merapatkan diri ke komunitas-komunitas otomotif baik komunitas mobil ataupun motor. “Pendekatan ke komunitas ini penting karena ada experience yang didapat. Mereka dapat mencoba, menggunakan, dan pada akhirnya akan merasakan kualitas aki Yuasa secara langsung,” ucap Andreas.

Keunggulan aki Yuasa, selain kualitas yang jempolan adalah inovasi yang selalu dimunculkan. Menurut Andreas, inovasi adalah suatu keharusan bagi aki Yuasa, karena harus mengikuti perkembangan dari kendaraan bermotor yang ada. Pada kendaraan bermotor, baik motor atau mobil terbaru, sudah pasti terdapat perubahan di mesinnya. Ini yang harus diikuti oleh aki Yuasa agar produknya bisa selalu kompatibel dengan mesin kendaraan bermotor.

Untuk produk aki motor, Yuasa menghadirkan produk MF yang “selalu fresh”, yang artinya ketika menjual aki motor MF, aki motor dan botol accu zuur dipisah meski dikemas dalam satu tempat. Pengisian accu zuur hanya dilakukan saat produk dibeli oleh konsumen, dan ini akan membuat waktu hidup aki bisa lebih lama.

Sementara itu inovasi terkait produk aki mobil adalah membuat aki mobil Yuasa MF terbaru. Aki mobil MF terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi labirin, flame, arrestor, dan lain-lain. “Inovasi baru selalu mengutamakan kebutuhan dan kepentingan konsumen, jadi kami selalu menyesuaikan dengan jenis kendaraan yang telah ada di market,” ujarnya.

Membangun Jaringan Distribusi yang Luas

Yuasa memiliki target pasar di dua segmen. Pertama adalah konsumen perorangan yaitu pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat, dan juga industri transportasi. Kedua adalah untuk segmen aki industri, yaitu industri telekomunikasi, perbankan, dan industri lainnya yang menggunakan aki.

Namun, segmen yang menjadi prioritas utama adalah segmen kendaraan bermotor. Perkembangan pasar otomotif di Indonesia membuat aki Yuasa juga mempunyai potensi pasar yang besar. Demand terhadap aki setiap tahunnya pasti bertambah selaras dengan penjualan kendaraan baru.

Untuk memaksimalkan potensi pasar dan coverage persebaran kendaraan bermotor, faktor distribusi memegang peranan yang besar. Penambahan jaringan distribusi menjadi fokus utama Yuasa. Untuk memperkuat jaringan distribusinya, dibuka dealer, cabang, dan depo sendiri maupun yang bermitra dengan area setempat.

yuasa

Strategi lainnya adalah mengembangkan distribusi tidak hanya melalui business to customer saja, tapi juga lewat kanal business to business. Yuasa menjalin kerja sama dengan perusahaan yang membutuhkan aki melalui kontrak penjualan dan pelayanan yang memberi jaminan kepuasan pelanggan. Dengan strategi tersebut, saat ini Yuasa sudah mempunyai 40 distribusi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Namun, Yuasa tidak hanya terfokus pada kuantitas—seberapa banyak jumlah distributor yang dimiliki, tapi juga dari kualitas. “Distributor kami tempatkan sebagai mitra. Kami isi distributor ini dengan tenaga profesional yang andal dan berkompeten, jadi pelanggan tidak perlu khawatir karena kualitas distributor kami sama baiknya di mana pun,” jelasnya penuh percaya diri.

Beradaptasi dengan Era Digital

Di era digital, pemanfaatan media digital bukanlah hal yang tabu lagi digunakan oleh perusahaan-perusahaan sebagai salah satu kanal untuk membangun merek. Oleh sebab itu, untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, Yuasa juga telah membangun channel-channel digitalnya.

Selain website utama perusahaan www.santiyoga.com, ada pula website untuk mengecek harga (www.hargaaki.com), dan aktivitas digital (www.loveyuasa.com). Yuasa pun mempunyai channel media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube yang berfungsi untuk memperkuat komunikasi dengan konsumen.

Channel digital juga digunakan untuk memperkuat penjualan. Kanal e-commerce pun dibuka agar konsumen bisa membeli langsung tanpa harus repot-repot datang ke toko atau bengkel. Kini, aki Yuasa dapat dibeli di toko online seperti Blibli, Lazada, Bukalapak, Ralali, dan MatahariMall.com.

Sekarang juga telah tersedia aplikasi untuk smartphone yang bernama “Yuasa App”. Aplikasi ini mempunyai fungsi sebagai battery reminder bagi konsumen untuk mengetahui apakah aki sudah waktunya diganti atau belum. Selain itu, aplikasi tersebut bisa juga digunakan untuk mencari tipe aki, toko/bengkel, tempat kuliner, dan tempat pengisian bahan bakar terdekat.

Channel digital harus dimanfaatkan sebaik mungkin karena sangat efektif membantu produk kami untuk bisa dikenal lagi oleh masyarakat luas, terutama oleh generasi muda. Channel digital memberikan kami kemudahan dan kecepatan untuk berkomunikasi dan memberikan solusi kepada konsumen,” terang Andreas.

Mengutamakan kualitas, terus berinovasi, dan memperluas jaringan distribusi inilah yang menjadi kunci keberhasilan aki Yuasa menjadi merek top di masyarakat.

Wicaksono

MM082016/W

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.