Persaingan Kian Sengit, Kopi Chuseyo Masuk Dunia Metaverse

Persaingan Kian Sengit, Kopi Chuseyo Masuk Dunia Metaverse  Kopi Chuseyo memperkuat jaringan komunitas dan pemasarannya dengan menghadirkan pengalaman unik di platform metaverse

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Persaingan dalam sektor usaha mikro, kecil dan menengah yang kian ketat menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku kelompok usaha tersebut.

Mau tak mau, mereka harus terus memacu kreativitas dalam mendorong pengembangan usahanya. Ketatnya persaingan dirasakan betul oleh Kopi Chuseyo. Salah satu upaya yang dilakukan kedai kopi yang terinspirasi dari budaya pop Korea atau K-Pop ini adalah melakukan kolaborasi dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group).

Nota kesepahaman untuk kerja sama ini ditandatangani Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group dan pendiri Kopi Chuseyo, Daniel Hermansyah di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Daniel, kerja sama ini untuk memperkuat jaringan usaha dan layanan pemasaran dengan menggunakan platform metaverse yang sedang dikembangkan. Kopi Chuseyo menjadi jaringan kopi pertama yang masuk ke metaverse.

“Kami berharap kerja sama ini akan semakin ditingkatkan dalam banyak hal di masa depan untuk mengembangkan ekosistem WEB3 di Indonesia,” papar Daniel.

Lebih lanjut Daniel menjelaskan, Kopi Chuseyo yang berdiri sejak tahun 2019 dan memiliki 50 cabang ini melihat adanya urgensi untuk melakukan transformasi digital saat ini.

“Potensi yang dapat digali melalui platform metaverse begitu besar, sehingga kami terinspirasi untuk ambil bagian di dalamnya. Kami ingin tidak hanya mengembangkan layanan dan pemasaran, tetapi juga membuka potensi ekonomi di daerah-daerah, yang tentunya akan memberi dampak positif bagi perekonomian Indonesia. Selain itu, kami merasa perlu lebih siap lagi menghadapi iklim kompetisi yang kian ketat dalam dunia usaha di era digital tanpa batas,” ujar Daniel.

Kopi Chuseyo saat ini sedang mencoba mencari seed funding dan berencana menjadi sebuah tech startup. “Kolaborasi dengan WIR Group akan menjadi momentum penting untuk meningkatkan kemampuan, potensi dan kinerja yang akan kami kerahkan demi keberlangsungan usaha. Tak kalah penting, kami menilai WIR Group memiliki kapabilitas dan keahlian yang mumpuni dalam pengembangan teknologi digital, sebagaimana terbukti dengan rekam jejak WIR Group yang sudah menyelesaikan banyak proyek baik di dalam dan di luar negeri,” ujar Daniel.

Sementara itu, Chief Marketing Officer WIR Group Gupta Sitorus menegaskan, transformasi digital mutlak dilakukan dunia usaha agar mereka mampu mengembangkan berbagai strategi usaha yang tepat, supaya tetap berada dalam jalur kompetisi di era digital yang kian dinamis.

Sejak 2009, teknologi Augmented Reality & Virtual Reality yang dikembangkan WIR Group telah mendukung ratusan klien dalam mengembangkan usahanya untuk menjadi lebih kompetitif. Platform metaverse menjadi entry point bagi siapapun untuk mewujudkan berbagai imajinasi melalui inovasi teknologi sehingga masyarakat dapat merasakan pengalaman digital terbaik dan unik serta tak terbayangkan.

“Kami melihat potensi besar yang dimiliki Kopi Chuseyo untuk memanfaatkan kehadiran metaverse, tidak hanya sebagai alat untuk ekspansi, namun juga sebagai cara membangun customer loyalty. Kopi Chuseyo memiliki basis komunitas yang kuat terlebih lagi dengan gelombang KPopers di hampir semua wilayah di tanah air yang sangat potensial menjadi penggerak sekaligus pengguna metaverse di masa depan,” lanjut Gupta.

Gupta berharap, kolaborasi yang dibangun dengan Kopi Chuseyo akan menginspirasi banyak pihak untuk melakukan adaptasi teknologi digital melalui platform metaverse agar tetap selaras dengan perubahan teknologi digital sembari terus meningkatkan ekosistem yang ada.  “Pada akhirnya, kita akan dapat mewujudkan transformasi digital di Indonesia secara utuh,” tutup Gupta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.