Persaingan Tablet Cina Kian Sengit

0
746

8-inch-aishou-android-tablet-chinaDi Computex 2013, sejumlah perusahaan berbasis di Cina – termasuk Malata, HKC Electronic, Hasee Computer and RightFriend Electronics Technology – mengenalkan produk tablet terbaik guna bersaing dengan vendor asal Taiwan seperti Acer dan Asustek Computer. Keduanya memiliki beberapa perangkat baru dan model tablet yang baru saja diluncurkan.

Pasar tablet berkembang begitu cepat. Persaingannya begitu sengit terutama di segmen entry-level. Di mana banyak vendor asal Cina yang menawarkan produk yang sangat mirip satu dengan yang lainnya.

Meskipun harganya relatif rendah hal itu tidak menghalangi vendor asal Taiwan untuk bersaing dengan pembuat white-box di segmen entry-level.

Acer, Asustek, dan Lenovo: bersiap-siap banjiri pasar tablet Cina.

Acer, Asustek, dan Lenovo telah mengenalkan tablet baru yang ditargetkan bagi pasar segmen entry-level. Tentunya dengan harga yang relatif murah agar bisa bersaing dengan tablet yang dibuat oleh produsen white-box Cina.

Kehadiran mereka di segmen ini sangat mungkin menyebabkan perombakan pasar pada semester kedua tahun 2013. Juga mendorong produsen white-box Cina mengenalkan model quad-core yang lebih cepat guna meningkatkan daya tarik mereka kepada konsumen dan mempertahankan pasar.

Asustek telah meluncurkan tablet 7 inci berbasis Google Android yang akan dijual mulai US$129. Tak mau ketinggalan, Acer juga mengumumkan tablet murah versi terbaru. Kedua perangkat tersebut memiliki prosesor quad-core.

Tahun ini, Asustek menargetkan pengiriman tablet sekitar 12 juta unit. Sedangkan Acer mengharapkan pengiriman tablet tahun ini dapat mencapai 10 juta unit. Sebelumnya, Lenovo juga telah mengumumkan line-up tablet Android baru yang didukung prosesor quad-core MediaTek.

Menurut Digitimes.com, persaingan tablet murah akan segera tiba di Cina. Produsen white-box diperkirakan akan mulai pengiriman pada semester kedua tahun 2013. Total tablet dari produsen white-box jika digabungkan mencapai 100 juta unit setiap bulannya.

Prosesor dual-core tetap menjadi komponen utama tablet yang dihasilkan oleh produsen white-box. Diperkirakan sekitar 70% dari total tablet multi-core yang dikirimkan oleh produsen white-box Cina akan menampilkan chip dual-core pada akhir kuartal ketiga, sementara model quad-core sekitar 30%. Dari semua tablet yang dikirimkan oleh produsen white-box Cina, sekitar 20% dari keseluruhan akan didukung oleh prosesor single-core.

Persaingan IC (Integrated Circuit) tablet di pasar Cina kian sengit

Pasar IC tablet Cina didominasi oleh pengembang System on Chip (SoC) lokal, terutama yang mengadopsi arsitektur ARM memungkinkan platform murah dan memudahkan desain. Dengan masuknya MediaTek, persaingan tahun 2013 diperkirakan akan semakin sengit.

Rockchip Technology dan Allwinner Technology masih menguasai mayoritas pasar IC tablet Cina. Baru-baru ini kedua perusahaan ini telah merilis solusi quad-core mereka agar tetap kompetitif. Desember 2012 lalu, Rockchip meluncurkan solusi quad-core dengan harga menarik yang telah membantunya mengapalkan total 1,3 juta chip untuk tablet quad-core baru.

Namun, MediaTek telah merampingkan pengiriman bagi produsen tablet Cina. Mereka juga mengadopsi solusi berbasis ARM tablet. MediaTek tahu pasar Cina cukup baik, tak mengherankan bila kini mereka telah mendominasi pasar IC smartphone Cina. Kini, perusahaan tengah mencoba masuk ke segmen tablet untuk mengirimkan kejutan di sektor prosesor tablet lokal.

Pengiriman MediaTek untuk tablet meningkat tahun 2013

Beberapa pengamat industri mengatakan, pengiriman solusi SoC MediaTek diatur untuk digunakan dalam tablet dan akan menikmati pertumbuhan signifikan tahun ini.

Diperkirakan, MediaTek akan mengapalkan 20 juta solusi tablet tahun ini. Naik 10 kali lipat dibanding tahun lalu. Sebelumnya, MediaTek menargetkan pengapalan chipset tahun ini sekitar 5-10 juta, namun telah direvisi menjadi 10-15 juta unit.

Menurut pengamat, akuisisi MediaTek terbaru untuk MStar Semiconduktor telah meningkatkan kemampuan R&D. Tim R&D MediaTek telah mendekati hampir 10.000 orang.

MediaTek baru saja meluncurkan prosesor quad-core, aplikasi baru yang ditunjukkan bagi tablet. Dinamakan MT8125, prosesor quad-core MediaTek baru ini dibangun berdasarkan ARM Cortex A7 dengan kecepatan hingga 1,5 GHz, termasuk PowerVR SeriesXT graphics. SoC juga menawarkan chip 4-in-1 yang menggabungkan FM, GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth 4.0.

Dengan dikenalkannya solusi (MT 8125) baru ini, MediaTek telah memasuki wilayah rantai pasokan Lenovo, Acer dan Asus Computek. Setelah peluncuran MT8125, para pengamat mengharapkan MediTek menyediakan prosesor quad-core yang berfokus meningkatkan kinerja dan berdaya rendah.

Ketersediaan MT8125 berikutnya akan meningkatkan kehadiran perusahaan di bidang tablet pada paruh kedua tahun 2013. Selain itu, perusahaan kemungkinan akan mengenalkan dua sampai tiga chip solutions yang ditunjukkan bagi tablet di awal 2014.

Diharapkan 2013, MediaTek dapat meraih 15% pangsa pasar IC tablet-IC di seluruh dunia. Tahun lalu MediaTek hanya meraih 3% pangsa pasar IC tablet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.