Perusahaan Harus Segera Adopsi Aplikasi Logistik, Ini Alasannya!

0
1202
Aplikasi logistik kargo Nexus

Aplikasi logistik kargo NexusMarketing.co.id – Berita Digital | Digitalisasi membawa kompleksitas pada pengelolaan data logistik dan pengiriman barang secara cepat dalam skala besar selama pandemi. Sayangnya, belum semua perusahaan menggelar aktivitas logistik mereka dengan memanfaatkan teknologi, melainkan secara manual.

Untuk menghadapi tantangan ini, perusahaan memerlukan solusi teknologi tepat yang menyeluruh agar dapat memaksimalkan efisiensi dan efektivitas dalam logistik melalui transformasi digitalisasi agar perusahaan bisa lebih fokus dalam mempercepat perputaran roda bisnisnya.

Head of Product dan Enterprise Solutions Kargo Tech Brian Aditya Tedjasaputra mengatakan, saat ini sangat penting bagi perusahaan untuk segera mengadopsi aplikasi logistik.

Menurutnya, setidaknya ada 3 alasan kenapa perusahaan harus segera mengadopsi aplikasi logistik.

Pertama, perusahaan yang yang sudah memiliki pengiriman barang skala besar pasti membutuhkan visibilitas yang jelas untuk rantai pasoknya. Dengan aplikasi logistik, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi pada sumber daya yang kerap kali melakukan pemantauan secara manual untuk setiap pengiriman.

“KargoNexus memiliki sistem track and trace secara real time sehingga shipper dapat melihat status setiap pengiriman yang berjalan tanpa harus melakukan manual telepon lagi,” ujarnya.

Kedua, sentralisasi dan tranparansi. Aplikasi logistik memastikan berbagai pihak yang berbeda terlibat dalam rantai pasokan yang bekerja dengan informasi yang sama dan terintegrasi satu sama lain.

Dengan begitu, shipper dapat melihat seluruh aktivitas logistik dan mengetahui semua data dan kinerja transporter serta memangkas hidden cost yang tidak dapat dipantau pelaku bisnis hanya dalam 1 software yang sama.

Ketiga, meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Pelaku bisnis tentunya akan mencari penghematan di segala aspek bisnisnya namun tetap mengedepankan keuntungan.

Dengan aplikasi logistik, pelaku bisnis dapat mentransformasi sumber daya ke teknologi dan memastikan setiap shipper mendapatkan data terpusat untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara maksimum sehingga shipper dapat melakukan percepatan bisnisnya lebih pesat.

Melihat situasi tersebut, sebagai salah satu produk dari Kargo Tech, KargoNexus hadir untuk memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam melakukan digitalisasi sistem logistik dan rantai pasok di perusahaan.

Brian menjelaskan, KargoNexus menawarkan beberapa keunggulan, di antaranya integrasi dengan ERP (Enterprise Resource Planning) segala arah, visibilitas lebih baik,  global player with local know-how, dan memiliki pengalaman profesional dari Silicon Valley maupun di southeast asia.

Sedangkan untuk fitur, KargoNexus menyediakan akses monitoring pengiriman barang secara seamless dan terintegrasi, baik untuk shipper, transporter, dan driver. Masing-masing dapat mengontrol dan memberikan laporan selama proses pengiriman barang berlangsung.

“Dengan dukungan fitur tersebut, KargoNexus telah sukses membantu banyak perusahaan mengurangi komunikasi manual vendor hingga 99%, meningkatkan visibilitas pengiriman hingga 5 kali lebih besar, produktivitas perusahaan hingga 25%, dan efisiensi waktu konfirmasi hingga 85%,” jelasnya.

Lebih lanjut Brian menjelaskan, kolaborasi ekosistem merupakan grand design logistik yang melibatkan kerja sama dari berbagai pihak, seperti pemerintah, transportasi, jalur pelayaran, importir/eksportir, logistik berbasis teknologi digital dan berbagai asosiasi.

Oleh karena itu, penggunaan software logistik seperti KargoNexus dapat membantu meningkatkan konektivitas dan jaringan logistik antar kota secara real time, lebih akurat dan efisien dalam infrastruktur digital, sehingga aktivitas logistik dapat terus berjalan dengan pesat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.