Perusahaan-perusahaan dengan Reputasi Terbaik di AS

Dalam Survey Tingkat Reputasi Tahunan, Harris Interactive berhasil menyusun 60 perusahaan besar Amerika dengan Reputasi Terbaik. Penilaiannya didasarkan pada karakteristik kunci:  kualitas produk, trust, tanggung jawab sosial, dan bagaimana pekerjanya diperlakukan.

Berikut perusahaan yang duduk di deretan 3 besar 2013 dari 60 yang disusun Harris Interactive.

Peringkat pertama ditempati Amazon.com. Dengan unjuk kerja saham 45.2 % dan penjualan 12 bulan sebesar $61.09 trilyun, Amanzon.com Inc terpilih sebagai perusahaan paling bereputasi di dunia, menurut Harris Interactive.

Dulu sih, kedudukannya ada di 4 besar 2012, dan 8 besar di 2011. Berarti mengalami peningkatan terus.

Amazon.com mendapat skor tertinggi untuk emotional appeal-nya serta produk dan layanannya.

Demikian juga nilai tinggi diraih dalam hal visi dan kepemimpinan, unjuk kerja financial dan lingkungan kerja yang kondusif.

Malahan lebih dari 53% partisipan yang mengikuti survey oleh MSN Money dan JZ Analytics menempatkan Layanan Pelanggan Amazon.com pada posisi excellent.

Peringkat kedua ditempati oleh Apple. Masih menurut Haris Interactive, tahun ini Apple berada di posisi ke dua setelah tahun lalu berada di posisi pertama. Mengapa turun?

Unjuk kerja financial perusahaan ini melambat. Pada kuartal paling akhir, perusahaan ini mengecewakan investor karena pendapatannya flat dan margin keuntungan Apple  telah menyusut, sahamnya turun 5%.

Berkebalikan dengan kekecewaan investor, konsumen justru puas dengan pembuat ponsel dan komputer ini. Hampir 40% konsumen bilang bahwa layanan perusahaan ini sungguh excellent di mana hal ini mengangkat penampilan perusahaan ini di hadapan konsumen.

Sekedar catatan, tahun lalu menurut Interbrand nilai merk Apple melambung 129% dari sebelumnya. Hal ini berkat inovasi pada laptop dan ponsel/gadget yang mereka keluarkan.

Peringkat ketiga ditempati Disney. Selama tiga tahun berturut-turut Walt Disney Co masuk tiga besar. Hal ini membuat Disney dikenal sebagai salah satu perusahaan yang paling bereputasi.

Perusahaan ini punya ikatan emosional yang kuat dengan pelanggan dibanding perusahaan lain (kecuali Amazon), demikian menurut Harris Interactive.

Perusahaan riset tersebut juga merangking Disney pada posisi yang memiliki unjuk kerja financial yang kuat.

Pada 12 bulan terakhir, saham Disney telah meningkat 32 %  dibanding perusahaan lain, kecuali Amazon com.

Oleh Haris Interactive, Disney meraih nilai lebih dalam hal social responsibility, vision dan leadership serta lingkungan kerja.

Mempertahankan reputasi perusahaan memang membutuhkan upaya extra keras. Apalagi kompetitor selalu mengintai, dan bisa sewaktu-waktu menyalip di tikungan. (Wachid Fz/Sumber : Huffington Post )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.