Peter Fisk: Inovasi Bukan Sekadar Produk Semata

0
1386
Peter Fisk: Inovasi Bukan Sekadar Produk Semata
Peter Fisk, saat memberikan seminar pada acara Indonesia Marketing Summit 2014
Peter Fisk: Inovasi Bukan Sekadar Produk Semata
Peter Fisk, saat memberikan seminar pada acara Indonesia Marketing Summit 2014

Inovasi kerap menjadi perbincangan hangat di dunia bisnis. Tanpa inovasi, perusahaan akan sulit bersaing di pasar yang terus berkembang.

Lihat saja Apple dan Samsung, mereka kerap bersaing lewat inovasi yang diaplikasikan ke berbagai jenis produknya. Hanya saja perlu diperhatikan, inovasi tak terbatas pada jenis produk, tapi juga berbagai hal lain.

Salah satunya adalah dengan memberikan pengalaman baru kepada pelanggan (customer experience) seperti yang dijelaskan oleh Peter Fisk di acara Indonesia Marketing Summit 2014.

Pada acara yang berlangsung di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, ia mengatakan, “You’re innovating the customers to solve problem, not just innovating product.” Maksudnya, inovasi tidak hanya dapat dterapkan dari segi produk atau jasa saja, tapi juga memecahkan masalah pelanggan. Misalnya dengan memberikan pengalaman baru kepada konsumen.

Ada beberapa contoh kasus yang bisa menjadi masukan para marketer dalam memberikan pengalaman baru kepada konsumen.

Contohnya adalah merek sepatu Toms, mereka melakukan inovasi pada strategi pemasarannya. Dengan membeli sepasang sepatu Toms, maka sepasang sepatu lagi akan didonasikan oleh Toms atas nama konsumen kepada anak-anak yang membutuhkan.

Ini tak berbeda dengan buy one get one free, hanya saja gratisannya dialihkan lewat program amal, yaitu diberikan kepada mereka yang membutuhkan.

Konsep menarik lain ditawarkan oleh Umpqua Bank. Jika selama ini suasana di dalam bank identik dengan sunyi, Umpqua menyuguhkan hal yang berbeda. Suasana bank yang seharusnya hening, diberikan musik funky. Hal ini kemudian membuat Umpqua menjadi bank yang mengedepankan lifestyle, bukan finance seperti bank-bank kebanyakan.

“Inovasi adalah sebuah proses,” jelas Fisk.

Pada akhirnya, inovasi adalah tentang bagaimana cara merek menjadi fasilitator untuk menghubungkan para konsumen, bukan cuma menciptakan produk baru yang bakal laku di pasaran.

Pria yang mengeluarkan buku Marketing Genius itu juga melanjutkan bahwa inovasi merupakan proses yang membuat sebuah produk menjadi berbeda. Memberikan pengalaman baru kepada pelanggan adalah salah satu hal menarik yang perlu ditawarkan oleh perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.