Pilih Kuliah Atau Memulai Bisnis?

0
7809
memulai bisnis atau kuliah

memulai bisnis atau kuliahMana yang lebih penting menurut Anda, fokus kuliah, atau memulai bisnis? Pertanyaan ini memang agak membingungkan. Pasalnya, jika memulai bisnis, Anda akan mendapatkan banyak pengalaman yang sangat berharga. Begitupun dengan masuk ke dalam lingkungan universitas, banyak ilmu serta networking di sana.

Artinya, tidak ada yang benar-benar tepat dari kedua pilihan diatas. Hanya saja, ada beberapa hal penting yang perlu untuk Anda perhatikan.

1.       Track Record

Universitas kini bukanlah hal yang hebat. Hampir semua orang bisa menjajaki bangku kuliah, tidak seperti zaman dulu yang hanya dikuasai kaum elit (bayar mahal) dan terpelajar (beasiswa).

Sebaliknya, mereka yang memulai sebuah bisnis akan mendapat berbagai pengalaman berharga yang bisa membuatnya semakin maju di kemudian hari. Dengan menjaga track record sejak dini, bisnis Anda akan semakin dipercaya.

2.       Skill

Berbeda dengan memulai bisnis yang hanya berkutat pada bidang yang Anda geluti. Masuk ke dalam lingkup perguruan tinggi memungkinkan Anda untuk mendapatkan sebuah skill baru yang berguna.

3.       Networking

Memulai bisnis baru tidak langsung membuat Anda memiliki banyak networking, karena Anda masih minim kredibilitas. Tapi berbeda jika Anda memasuki lingkungan kuliah. Di sana, Anda akan memiliki banyak teman yang berpotensi menjadi networking Anda.

Semakin dekat hubungan Anda dengan banyak individu atau kelompok, maka semakin besar pula peluang perkembangan bisnis atau karir Anda di masa depan.

4.       Kewirausahaan adalah kunci

Mereka yang berwirausaha dinilai memiliki tingkat kesuksesan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang bekerja untuk orang lain. Contohnya adalah Cina, negara yang sedang dan terus mengembangkan industrinya itu memiliki banyak pengusaha muda, yakni sekitar 13% di rentang usia 18-34. Dan terbukti, industri negara Cina tidak bisa diremehkan.

Mungkin keempat poin diatas masih belum menjelaskan tentang, mana yang lebih penting, apakah kuliah dulu atau memulai bisnis sejak usia muda. Tapi yang jelas, Anda harus memaksimalkan berbagai kesempatan yang ada, baik untuk kuliah, atau berwirausaha.

Apapun pilihan Anda, yang jelas Anda harus memiliki track record yang baik, mempelajari berbagai skill baru, dan membangun jaringan sebanyak mungkin.

 

Sumber: entrepreneur.com | Foto: careerblog.positionu4college.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.