Pilihan Menabung di Era Digital

0
1846
menabung di era digital

Di tengah maraknya produk keuangan, nasabah tetap membutuhkan produk yang simpel, mudah, dan memberikan hasil yang maksimal. Tabungan reksadana online menjadi alternatif menabung saat ini.

menabungdi era digitalMenabung merupakan bentuk aktivitas investasi yang paling dasar dan paling mudah dilakukan. Menabung sendiri adalah menyisihkan sebagian penghasilan di tempat aman dalam jangka waktu tertentu untuk suatu tujuan. Tapi pada kenyataannya, bagi sebagian orang, menabung tidaklah semudah teorinya. Ya, menyisihkan sebagian dana ternyata bukan perkara mudah. Tak heran jika kemudian beberapa bank menawarkan layanan tabungan rencana.

Tabungan rencana sekilas mirip dengan deposito, namun berbeda. Tabungan rencana tidak memerlukan modal awal. Biasanya, tabungan rencana mempunyai layanan auto-debet dari rekening tabungan induk dengan jumlah sesuai permintaan nasabah dalam jangka waktu tertentu. Kemudian, tabungan tersebut akan tersimpan dalam rekening baru yang akan cair ke rekening tabungan induk dengan sendirinya setelah jangka waktu tercapai.

Menyadari kondisi tersebut, IndoPremier—perusahaan financial technology (fintech) di Indonesia, meluncurkan produk terbaru yang diklaim cocok untuk masyarakat Indonesia. Produk keuangan ini dibuat sederhana dan mudah tapi memberikan imbal hasil yang maksimal. Melalui produk “Bung Dana” yang ada dalam website maupun aplikasi Ipotku, nasabah dapat membandingkannya dengan tabungan biasa, sekaligus melihat perbedaan return yang diberikan.

Bung Dana merupakan tabungan reksadana online yang memberikan imbal hasil lebih tinggi daripada tabungan biasa. Bung Dana mengatur portofolio investasi pada instrumen pasar uang seperti deposito, sertifikat Bank Indonesia, dan obligasi yang memiliki jatuh tempo di bawah 1 tahun. Moleonoto The, Presiden Direktur Indo Premier Securities, mengatakan, ”Tabungan reksadana online ini merupakan produk pertama di Indonesia yang memberikan return lebih tinggi daripada tabungan, bahkan deposito sekalipun. Namun, produk ini memiliki likuiditas pencairan seperti layaknya tabungan biasa,” kata dia yang ditemui di Bursa Efek Indonesia.

Berdasarkan imbal hasil yang diberikan oleh produk Bung Dana dalam 1 bulan terakhir, angkanya sebesar 7% netto per tahun. Sementara itu bunga tabungan di bawah 1% netto per tahun. Jelas terlihat spread return sebesar lebih dari 7 kali dari tabungan biasa. Selain itu, nasabah juga dapat memilih 15 produk Bung Dana yang cocok dengan kebutuhan masing-masing. Dana yang dibutuhkan pun relatif kecil, yakni mulai dari Rp100.000.

“Bung Dana akan mengatur investasi kolektif pada instrumen keuangan pasar uang seperti deposito berjangka dan sertifikat Bank Indonesia. Dana investasi tersebut dikelola oleh manajer investasi. Oleh karena itu, Bung Dana adalah tabungan rencana yang aman dan menawarkan bunga yang lebih tinggi,” papar Moleonoto.

Dia menjelaskan, IndoPremier sendiri didirikan atas dasar “purpose driven”, percaya bahwa visi dan misi perusahaan adalah memberikan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, bukan hanya keuntungan semata (profit driven). Hal tersebut menjadikan IndoPremier percaya dan akan berusaha “to empower society to take control of their financial lives”. Ya, hasil pemberdayaan ini akan mengubah dan membantu, terutama dalam memberikan nilai tambah yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Dengan peningkatan kualitas imbal hasil ini, bukan berarti kami mengorbankan hal lain yang menjadi perhatian utama nasabah, yakni terkait keamanan. Produk yang ditawarkan Ipotku adalah Bung Dana yang merupakan produk keuangan sama seperti produk tabungan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” papar dia.

Sejalan dengan pemanfaatan produk dan jasa keuangan di Indonesia, IndoPremier juga menyadari bahwa masyarakat harus didukung oleh peningkatan pemahaman keuangan (financial literacy) yang memadai. Ipotku mampu mengintegrasikan platform solusi keuangan dan edukasi yang memberi informasi dan kesempatan akses seluas-luasnya. Selain itu, data ditampilkan secara transparan guna mempelajari dan menganalisis berbagai produk keuangan yang terdaftar dan disetujui oleh OJK.

“Masa depan memang merupakan tanggung jawab dari tiap-tiap individu, namun IndoPremier hadir dengan komitmen penuh terhadap pemberdayaan dan peningkatan kualitas keuangan masyarakat. Platform Ipotku dapat diakses melalui website maupun smartphone berbasis Android,” ujar dia.

Fisamawati

MM072016/W

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.