PLANET 21, Komitmen Accor untuk Lingkungan

Untuk mengembangkan program sosial kemasyarakatan, Accor meluncurkan PLANET 21 yang melibatkan seluruh hotel jaringan Accor, karyawan maupun para tamu hotel

Marketing.co.id– Accor semakin menegaskan dirinya untuk meningkatkan komitmen Perusahaan ke tingkat yang lebih tinggi setalah hampir dua dekade menjalankan inisiatif sosial kemasyarakatan  dengan muluncurkan PLANET 21.

PLANET 21 merupakan sebuah program menyeluruh yang berhubungan dengan lingkungan hidup dan sosial kemasyarakatan sebagai bagian penting dari strategi bisnis Accor di seluruh dunia.

Program ini kembali menegaskan 21 komitmen dan tujuan Accor untuk dicapai pada 2015. Misalnya, program pelatihan karyawan dalam pencegahan penyakit di 95% hotel di seluruh jaringan Accor, sosialisasi program menu berimbang (balanced dishes) di 80% hotel jaringan Accor, penggunaan produk-produk eco-labelled di 85% hotel jaringan Accor, penghematan air sebesar 15% serta penghematan energi sebesar 10% di hotel-hotel jaringan Accor di seluruh dunia.

“Pada saat Accor Grup berkembang pesat dengan tujuan untuk menjadi pemimpin global dalam industri perhotelan, kami menegaskan kembali komitmen untuk mengembangkan bisnis secara bertanggung jawab serta memberi nilai tambah untuk kita semua,” kata Denis Hennequin, Chairman dan Chief Executive Officer, Accor.

“Melalui program PLANET 21, kami menempatkan program sosial kemasyarakatan industri perhotelan sebagai bagian penting dari strategi, perkembangan dan inovasi Accor. Saya optimis bahwa inisiatif sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan akan membawa Accor menuju sebuah model bisnis baru. Kami yakin, PLANET 21 akan membedakan brand-brand hotel kami serta menciptakan daya tarik bagi para pelanggan dan mitra kami serta meningkatkan loyalitas karyawan kami,” katanya.

Sejak tahun 1994, ketika Accor pertama kali mendirikan Departemen Lingkungan, Accor telah mengadopsi banyak solusi untuk memberikan kontribusi bagi pengembangan masyarakat lokal, mengurangi konsumsi air dan energi serta membatasi dampak emisi terhadap lingkungan. Hadirnya program ini, tentunya semakin memperkokoh komitmen Accor dalam menempatkan program sosial kemasyarakatan  sebagai inti kegiatan Perusahaan.

Oleh karena itu, strategi PLANET 21 meliputi program yang melibatkan pelanggan, mengundang mereka untuk berkontribusi dalam berbagai kegiatan yang dilakukan hotel di seluruh jaringan Accor. Mulai dari melakukan reservasi kamar hingga aktivitas pada saat menginap serta bersantap di hotel-hotel jaringan Accor, para pelanggan akan menemukan serangkaian pesan yang akan mendorong mereka untuk berkontribusi secara aktif dalam kegiatan hotel melalui tindakan sederhana. Pesan-pesan inspiratif yang mudah dipahami akan disampaikan untuk mendorong para pelanggan untuk berpartisipasi.

Untuk memastikan kredibilitas program ini, hotel-hotel jaringan Accor hanya dapat menggunakan pesan-pesan PLANET 21 jika mereka telah memenuhi tingkat tertentu dari komitmen tersebut, yang dinilai berdasarkan 65 inisiatif, atau jika hotel-hotel tersebut telah memperoleh sertifikasi lingkungan yang diberikan oleh pihak eksternal independen yang diakui secara internasional.

Untuk mengembangkan PLANET 21, Accor melibatkan dua institusi survei internasional untuk memperoleh informasi yang komprehensif dan obyektif tentang pandangan dan harapan para tamu hotel. Pada tahun 2011, Grup Accor melakukan studi mengenai dampak lingkungan yang mengukur secara akurat dampak-dampak utamanya, menentukan prioritas tindakan dan mengidentifikasi berbagai tantangan baru.

Inisiatif ini diawali dengan survei untuk mengukur harapan para tamu hotel yang menunjukkan bahwa inisiatif sosial berkelanjutan adalah kriteria harapan yang terus meningkat diantara para tamu hotel yang melakukan perjalanan wisata dan bisnis. Menurut survei ini, sebagai contoh, 67% tamu hotel yang melakukan perjalanan wisata memilih hotel yang memiliki program sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan ketika mereka mempertimbangkan hotel untuk menginap.

Sophie Flak, Executive Vice President Sustainable Development and Academies, Accor menambahkan, “Saat ini, 70% dari pelanggan utama kami telah mengintegrasikan kriteria program sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan ke dalam syarat pemasok mereka, dan satu dari setiap dua pelanggan tersebut mengatakan bahwa mereka mempertimbangkan kriteria ini ketika memilih hotel. Kami menggunakan informasi ini sebagai latar belakang pelaksanaan PLANET 21.”

Nama PLANET 21 terinspirasi dari sebuah rencana aksi bidang lingkungan yang ditandatangani oleh 173 kepala negara pada Konferensi Tingkat Tinggi Bumi (Earth Summit) di Rio de Janeiro tahun 1992, dan mengingatkan kita pada masalah penting yang dihadapi planet kita di abad 21 serta keinginan untuk mengubah metode produksi dan cara kita bekerja untuk menjaga kelangsungan hidup planet kita.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.