Platform Pasar Dagang Online Mana yang Paling Dipercaya Pengusaha UMKM?

0
15
survei e-commerce
Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id.

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno | Platform e-commerce turut berjasa dalam membantu para pelaku UMKM dalam menjual produknya ke konsumen. Tanpa perlu memiliki gerai fisik atau toko online sendiri, pelaku UMKM dapat menjajakan produknya ke berbagai pelosok tanpa hambatan jarak dan waktu.

Omong-omong soal platform pasar dagang online (e-commerce), platform mana yang paling dipercaya dan diandalkan oleh UMKM Indonesia di tahun 2022. Berdasarkan hasil riset Survei tSurvey.id dari Telkomsel, ditemukan empat platform pasar dagang online paling dipercaya dan diandalkan oleh UMKM Indonesia. Keempat platform tersebut yakni Tokopedia (76%), Shopee (75%), Lazada (19%), Bukalapak (18%), dan Blibli (14%).

Temua survei tersebut tidak terlalu mengejutkan, karena faktanya keempat platform tersebutlah yang paling gencar berpromosi dan sudah akrab bagi para pembelanja daring di Indonesia.

Survei tersebut juga menemukan, bahwa platform pasar dagang online yang dianggap memberikan pengalaman paling memuaskan bagi pebisnis UMKM untuk berjualan online adalah Tokopedia (69%), Shopee (62%), Lazada (11%), Bukalapak (9%), dan Blibli (4%).

Baca juga: Fokus Pada Kepuasan Pelanggan, Proton Raih Top Brand Award 2022

Sedangkan untuk platform pasar dagang online dengan pelayanan paling memuaskan bagi para pengusaha UMKM online adalah Tokopedia (68%), Shopee (61%), Lazada (11%), Bukalapak (11%), dan Blibli (6%). Diantara banyaknya platform pasar dagang online di Indonesia dengan model bisnis sebagai pusat lapak online (marketplace), yang paling sering UMKM gunakan untuk berjualan online adalah Tokopedia (47%), Shopee (45%), Lazada (5%), Bukalapak (2%), dan Blibli (0%).

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang menjelaskan, riset pasar berbasis pengguna smartphone, seperti yang dimungkinkan dengan tSurvey.id, menggunakan metode penyasaran responden yang akurat, tidak random atau berdasarkan klaim seperti pada beberapa metode survei lainnya.

“Karena itu, tSurvey.id Telkomsel menghasilkan insights berkualitas yang dapat dipertimbangkan oleh pelaku platform pasar dagang online dalam pengambilan keputusan bisnis bersama UMKM lokal ke depannya, seperti pentingnya fitur aplikasi yang membantu, keleluasaan menjual produk yang beragam dalam jumlah banyak, serta diskon dan promosi yang gencar,” kata Alfian.

survei e-commerce
Telkomsel merilis hasil riset Survei Pemanfaatan Pasar Dagang Online (eCommerce) Paling Dipercaya dan Diandalkan oleh UMKM Indonesia 2022 melalui layanan survei digitalnya tSurvey.id.

Berdasarkan survei lebih dalam terhadap platform pasar dagang online Tokopedia, yang mendapatkan persepsi paling positif dari para responden pengusaha UMKM online di Indonesia, beberapa aspek yang dipersepsikan mendukung platform ini hingga unggul dibandingkan para kompetitornya adalah kemudahan penggunaan (70%), fitur-fitur penjualan yang lengkap (68%), layanan pusat resolusi yang baik (66%), fasilitas logistik yang memuaskan (70%), tampilan user interface (UI) yang nyaman (70%), serta sistem pembayaran yang lengkap (73%).

Baca juga: Persaingan Sengit Selama Momen Ramadan, E-commerce Mana Paling Unggul?

Riset survei yang dilakukan tSurvey.id berlangsung dari tanggal 10 sampai 24 Juni 2022. Survei ini melibatkan sebanyak 1.000 responden dari pelaku UMKM online di seluruh Indonesia yang menggunakan smartphone dengan nomor telepon Telkomsel.

Berdasarkan lokasi geografis, proporsi responden dari Jabodetabek adalah sebanyak 60%, dari pulau Jawa non-Jabodetabek sebanyak 30%, dan dari luar pulau Jawa sebanyak 10%. Sedanglan berdasarkan proporsi gender, sebanyak 60% responden merupakan laki-laki dan 40% adalah perempuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.