Plomo, Aplikasi Khusus Bar dan Restoran

Harry Pradipta, CEO Plomo, mengatakan bahwa ada tiga hal yang biasa dilakukan bar dan restoran untuk menarik pengunjung: memasang iklan di media konvensional ataupun digital, menghadirkan promosi, dan mengadakan event.

Namun, dari hal-hal tersebut, sulit bagi bar dan restoran untuk mengetahui secara pasti berapa cost yang dikeluarkan ataupun ROI untuk 1 orang pengunjung. Dan, untuk hal-hal tersebut, semua cost umumnya perlu dikeluarkan di muka oleh para bar dan restoran, tanpa melihat dulu hasilnya.

Hal itulah yang menjadi alasan Harry kemudian membuat sebuah startup bernama Plomo. Plomo sendiri adalah aplikasi untuk mendapatkan satu complimentary drink per   hari di berbagai bar dan restoran terkemuka di Jakarta.

Dengan Plomo, terang Harry, bar dan restoran dapat mengatur pengeluaran marketing mereka dengan lebih efisien dan juga mengukur secara lebih akurat cost yang dikeluarkan serta ROI yang didapatkan dari tiap-tiap pengunjung.

Tak hanya itu, Plomo juga mengurangi resiko dari pengeluaran marketing bagi bar dan restoran, karena berbeda dengan marketing channel yang hadir sebelumnya, cost untuk mendatangkan pengunjung hanya dikeluarkan setelah pengunjung sudah hadir di bar atau restoran tersebut, yakni cost dari complimentary drink yang diberikan kepeda pengunjung tersebut.

Plomo sendiri memilih minuman sebagai fokus complimentary item-nya bukan tanpa alasan. “Ketika kami sering pergi ke sebuah bar atau restoran dan menjadi regular customer di sana, terkadang bartender memberikan kami minuman on the house. Hal tersebut sebenernya sebuah gesture yang sangat sederhana, tetapi masih sangat diapresiasi customer. Kami melihat peluang bahwa hal ini dapat menjadi sebuah customer reward system yang sangat mengena sekaligus menjadi insentif yang sangat menarik bagi orang untuk datang dan mencoba bar dan restoran baru.”

Saat ini Plomo dapat langsung diunduh dari Google Play Store ataupun Apple App Store. Setelah mengunduh, pengguna dapat langsung mendaftarkan diri menggunakan email, Facebook atau Google. Pengguna dapat melihat daftar dari semua bar dan restoran yang bekerja sama dan juga informasi lebih detail mengenai bar dan restoran tersebut, termasuk complimentary drinks apa saja yang ditawarkan masing-masing bar dan restoran.

Untuk me-redeem sebuah complimentary drink, pengguna bisa langsung mengunjungi bar atau restoran yang bekerja sama, membuka aplikasi Plomo dan memberitahukan kepada floor staff dari bar atau restoran pilihan complimentary drink yang ingin di-redeemFloor staff  akan meng-input outlet code dan menyajikan complimentary drink pilihan pengguna.

Untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut, pengguna hanya perlu membayar biaya berlangganan setiap bulannya. “Sampai dengan saat ini, kami masih menghadirkan layanan secara gratis, karena kami masih dalam fase beta,” ujar Harry. “Namun ke depannya, kami akan memberlakukan subscription fee bagi penggguna. Jadi, secara sederhananya, Plomo bisa dikatakan adalah the Netflix for drinking out.”

Saat ini Plomo telah bekerja sama dengan beberapa bar dan restoran populer di daerah SCBD, Kuningan, Senayan, Thamrin, dan Kemang. Menurut Harry, wilayah tersebut dipilih karena cocok dengan target pengguna mereka, yaitu para profesional muda. Ke depannya, sudah ada 20+ bar dan restoran yang akan bergabung dalam waktu dekat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.