Pluang Hadiri Pra-KTT 1 Y20 Indonesia 2022 

0
1380
KTT 1 Y20 Indonesia 2022

KTT 1 Y20 Indonesia 2022 Kemunculan disrupsi digital membuka kesempatan kerja yang lebih besar untuk pemuda Indonesia dan dunia. 
Marketing.co.id – Berita Marketing | Pluang turut hadir dalam Pre-Summit 1 atau Pra-KTT 1 yang diadakan di Palembang, Sumatera Selatan dengan tema Youth Employment atau Ketenagakerjaan Pemuda pada Sabtu (19/3/2022). Dalam kesempatan tersebut, Pluang diwakili Kartika Dewi, Head of Corporate Communications Pluang dan Pandujati, VP of Government Relations Pluang.
Menurut Michael Victor Sianipar, Co-chairs Y20 Indonesia 2022, Pra-KTT tersebut merupakan kesempatan besar bagi para pemuda untuk bertukar pikiran dalam mencari solusi atas masalah ketenagakerjaan pemuda di Indonesia dan dunia.
“Saya berharap dan percaya bahwa dua hari ke depan kita akan memiliki kesempatan besar untuk bertukar pikiran. Kita akan membahas masalah yang sangat krusial terkait dengan pemuda global, yaitu ketenagakerjaan pemuda,” ujar Michael dalam pidato pembukaan di Novotel, Palembang, Sumsel.
Senada dengan Michael, Kartika berharap bahwa Pra-KTT ini akan menjadi wadah bagi para generasi muda untuk memulai diskusi sekaligus memperkuat jaringan dalam mencari solusi efektif untuk permasalahan ketenagakerjaan pemuda. Munculnya pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang besar terhadap isu ketenagakerjaan, sehingga dibutuhkan penyelesaian komprehensif yang dapat diimplementasikan untuk seluruh pemuda yang berasal dari beragam kelas dan status sosial.
Pemuda memiliki peran dan nilai signifikan dalam pergerakan ketenagakerjaan. Berdasarkan laporan VNR SDGs 2021, fenomena Not in Employment, Education, and Training (NEET) di Indonesia mengalami peningkatan, dari 21,77 persen pada tahun 2019 menjadi 24,28 persen pada tahun 2020 (Bappenas, 2021).
Pada tahun 2021, pemuda (16-30 tahun) yang tergolong NEET sebesar 26,64 persen. Artinya, satu dari empat pemuda di Indonesia tidak bekerja, tidak pergi ke sekolah, maupun tidak sedang mengikuti kursus. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat penurunan dalam tingkat ketenagakerjaan pemuda, dimulai dari pandemi yang terjadi di awal tahun 2020.
Meskipun begitu, pandemi Covid-19 juga membuka berbagai pintu usaha dan kesempatan yang dapat dimanfaatkan oleh para generasi muda, seperti keterbukaan akses untuk berinvestasi, kemudahan dalam digitalisasi pasar, serta peluang untuk membangun wirausaha muda demi mencapai kemandirian ekonomi. Pluang, yang juga memiliki target pasar generasi muda, menyatakan siap mendukung upaya tersebut.
“Dalam menanggapi berbagai peluang ketenagakerjaan yang muncul, Pluang berkomitmen bersinergi dengan pemerintah Indonesia untuk melangsungkan berbagai program yang mendorong kemandirian ekonomi, serta berpartisipasi aktif dalam diskusi untuk menggapai pemecahan masalah
ketenagakerjaan pemuda,” tegas Pandujati.
Dalam Pra-KTT ini juga diselenggarakan talkshow dengan pembicara VP of Public Policy & Government Relations GoTo Rangga Dian Fadhilah, AIYA National President and Katalis Lead Adviser for Skills Clarice Campbell, dan Social Sector Specialist, Asian Development Bank Sameer Khatiwada dengan tema Jaring Pengaman Sosial untuk Pekerja di Sektor Informal dan Non-Standar, dan dimoderasi oleh Marshiella Pandji, delegasi Indonesia untuk isu ketenagakerjaan pemuda pada Y20 Indonesia 2022.
Y20 sebagai engagement group resmi G20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para perwakilan pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk berdialog dan menyampaikan rekomendasi kebijakan kepada para pemimpin negara G20. Rekomendasi Y20 akan dituangkan dalam Communique Y20, untuk dijadikan pertimbangan perumusan Leaders’ Declaration, sebagai deliverable utama Presidensi G20 Indonesia.
Pada Y20 Indonesia 2022, akan diangkat empat area prioritas: (1) Ketenagakerjaan Pemuda, (2) Transformasi Digital, (3) Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni, dan (4) Keberagaman dan Inklusi. Dengan rangkaian kegiatan: Kick Off Meeting secara virtual; empat Pra-KTT untuk setiap area prioritas: Pra KTT Pertama di Palembang, Sumatera Selatan), Pra KTT Kedua di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Pra KTT Ketiga di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pra KTT Keempat di Manokwari, Papua Barat;dan KTT Y20 Indonesia 2022 di DKI Jakarta dan Bandung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.