Poin Penting Dalam Membuat Banner Iklan yang Atraktif

0
55

iklan dan promoMaraknya iklan, membuat marketers harus lebih kreatif dalam membuat visual yang berbeda. Bagaimana caranya agar audiens lebih tertarik?

Marketing.co.id – Berita Marketing | Menurut penelitian, audiens hanya melihat banner iklan dalam 1-3  detik. Iklan bergambar setidaknya harus terpampang di laman web selama 14 detik, agar  konsumen dapat melihatnya selama satu detik penuh (InSkin Media, Research Now, dan  Sticky). Hal ini diuji dari studi viewability yang melibatkan 696 konsumen dan survei 4.279 konsumen  di Inggris.

Bukan berita baru, audiens akan melirik iklan dengan desain yang bagus. Oleh karena itu, penting bagi  marketers menempatkan gambar dan CTA yang tepat agar audiens tertarik sesuai dengan  minat mereka.

Kami mewawancarai Art Directors dan Desainer dari Agensi Marketing tentang poin penting  dalam banner iklan yang atraktif:

Julianty Liouw – Art Director Olrange 

  1. Prioritas/hirarki. Baik tulisan atau gambar, dalam sebuah banner harus memiliki urutan isi  di mana mata audience seperti diarahkan untuk melihat elemen yang mana lebih dulu. Hirarki  pertama haruslah tulisan/gambar yang bisa menjadi “stopping point“.
  2. Make it simple, memaksimalkan tujuan iklan adalah dengan hanya menetapkan 1 sampai  2 tujuan utama. Hal ini membuat tulisan dan gambar pada iklan lebih sederhana dan menarik.  Bahkan tulisanpun bisa dibuat menjadi image sehingga tidak ramai.
  3. CTA, gunakan teks di visual yang menarik. Tidak hanya “Klik untuk info” namun bisa “Klik  untuk daftar gratis”. Gratis menjadi daya tarik tersendiri. Penggunaan tombol yang berbeda akan meningkatkan rasio klik pada iklan.

Elmira Sharipova – Art Directors Go Mobile Agency

  • Gunakan visual yang menarik. Otak manusia cenderung lebih tertarik pada gambar  daripada kata-kata. Itulah mengapa banner iklan tidak boleh terdiri dari jumlah kata  yang berlebihan. Sebaiknya gunakan ilustrasi visual atau gambar yang menarik dan  mudah dipahami. Hal ini agar audiens cepat memahami maksud dari iklan. Kata-kata  pada banner hanya diperlukan secukupnya saja, misalnya nama produk, deskripsi  singkat, dan contact person yang bisa dihubungi.
  • 1 Iklan = 1 Pesan. Buat sederhana

Dibutuhkan kreativitas dan tingkat akurasi yang tinggi untuk merancang iklan banner yang  efektif. Buat pesan yang langsung dan tampak realistis agar tujuan iklan tersampaikan efektif. Tentukan ukuran huruf dan gambar dengan rasio yang tepat. Iklan bisa terlihat lebih  profesional dan meyakinkan.

  • Buat banyak spanduk, lakukan uji coba 
  • Menggunakan pendekatan dari vertikal lain 

Muhammad Yusuf – Graphic Designer Publicis 

“Untuk mendapatkan perhatian audiens, banner iklan seharusnya memiliki visual yang unik  dan ‘stopping power’ dalam hal visual dan copy. Kemudian dari sudut pandang visual, Anda  harus bisa bercerita tentang isi pesan yang ingin disampaikan yang menghubungkan  audiens dengan visual yang dilihat.”

“Sebagai contoh, pada iklan Gocar di bawah, segi visual cukup unik dan bercerita betapa  nyamannya penumpang naik Gocar. Print ads ini memiliki ‘stopping power’ yang unik dan  copy yang straight to the point,” ujar Muhammad Yusuf.

Perlu diingat bahwa banner iklan merupakan “ekstensi” atau kelanjutan dari kampanye  pemasaran yang Anda jalankan. Selain menentukan bentuk dan ukuran yang tepat, penting  untuk menjaga konsistensi visual agar sesuai dengan citra brand Anda. Gunakan warna,  gambar, dan gaya desain serupa di seluruh materi pemasaran. Dalam prosesnya, terus berkreasi, dan sesuaikan ukuran banner iklan dengan visual yang tepat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.