Ponsel Jadul, Sebaiknya Diapakan?

0
784

Anda pasti ingat 10 atau 15 tahun lalu saat ponsel masih menjadi barang langka dan hanya dimiliki orang-orang berduit. Jika Anda salah satu orang yang beruntung memiliki ponsel tersebut, Anda pasti juga ingat bagaimana desain ponsel pertama yang Anda miliki. Besar, tebal dan layar sangat kecil? Hany bisa untuk telepon dan SMS?

Yup, jika dibanding dengan berbagai smartphone dan ponsel yang telah mendapatkan berbagai update fitur saat ini, ponsel jaman dulu itu memang terlihat sangat tidak bermanfaat. Namun jika Anda masih memilikinya dan tersimpan rapi dalam lemari ada beberapa hal berguna yang bisa Anda lakukan dengan ponsel tersebut. Karena tentu saja, dijualpun tidak akan mendatangkan banyak uang dibanding saat membelinya beberapa tahun lalu.

1. Mobile throwing

Permainan ini biasanya Anda jumpai menggunakan bola atau botol. Namun di jaman moderen ini, ponsel pun bisa menjadi media untuk permainan lempar ini dan disebut sebagai mobile throwing. Yang Anda butuhkan minimal dua ponsel lama yang secara bergantian Anda lempar ke udara dan tangkap dengan tangan secara bergantian. Permainan ini bahkan telah dilombakan tiap tahun secara internasional dalam ajang Mobile Phone Throwing World Championships.

2. Ciptakan karya seni dari ponsel lama

Robert Pettit adalah seorang seniman yang berdomisili di Boston. Dia bersedia menampung ponsel lama Anda untuk diubah menjadi karya seni kelas dunia. Salah satu tang telah ia lakukan adalah menggunakan 5000 ponsel tua untuk menciptakan sebuah seni bangun lingkaran yang tidak Anda jumpai di manapun.

3. Simpan dan gunakan ponsel lama

Anda tidak harus menjual atau membuang ponsel lama Anda. Jika ponsel itu memiliki arti penting karena merupakan ponsel pertama yang Anda miliki, atau pemberian dari orang yang spesial, gunakan saja jika masih bisa dipakai. Selanjutnya Anda bisa berbagi cerita di situs Kept kenapa Anda menyimpan ponsel tua itu. Akan menjadi cerita unik jika Anda bisa memberikan berbagai alasan kenapa lebih memilih memakai barang tua sementara di pasaran banyak beredar smartphone model terbaru dengan berbagai fitur canggih. Hal-hal seperti: mengurangi limbah teknologi dan menciptakan gaya hidup sendiri, barangkali bisa Anda masukkan sebagai alasan menyimpan ponsel tua Anda.

4. Sumbangkan ponsel tua Anda

Ada banyak organisasi kemanusiaan yang bersedia menampung ponsel tua Anda. Dengan melakukannya Anda bisa membantu sesama melalui barang yang sebelumnya Anda pikir tidak lagi berguna.

Lifeline for Africa: organisasi ini mengumpulkan ponsel tua dan mengirimnya ke benua Afrika. Sebagian ponsel yang terkumpul itu akan dikirim langsung ke Afrika sehingga bisa digunakan oleh penduduk di sana. Sebagian lagi akan dijual sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan untuk membantu kehidupan penduduk miskin di daratan Afrika.

Woodland Trust: seperti halnya Lifeline for Africa, Woodland Trust juga mengumpulkan sumbangan ponsel tua. Hasil lelang dan penjualan ponsel itu akan digunakan untuk memelihara dan menghidupkan kembali hutan-hutan yang rusak karena penebangan liar maupun bencana alam.

Nah, sekarang Anda telah memiliki gambaran akan digunakan untuk apa ponsel tua yang selama ini tersimpan di lemari Anda. Apakah Anda akan menggunakannya untuk permainan mobile throwing atau menyumbangkannya untuk membantu sesama? Lakukan sekarang juga! (Sumber: Gopego.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.