Potensi Pertumbuhan Iklan Baris Online di Indonesia

0
1732
OLX Indonesia
Olaf Van Schagen, CEO OLX Indonesia, memaparkan informasi tentang potensi pertumbuhan iklan baris online, pada kegiatan ConneTOLX (1)

Aktivitas jual-beli online semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dipicu oleh kemudahan yang diberikan oleh teknologi digital. Masyarakat cukup mengakses platform jual-beli online, memasukan produk yang dipilih ke dalam keranjang belanja virtual, dan membayarkan seluruh total biaya pembelian. Selanjutnya, pembeli menunggu barang tersebut dikirimkan ke tempat tinggal, kantor, atau lokasi pilihan lainnya.

iklan baris online
Olaf Van Schagen, CEO OLX Indonesia, memaparkan informasi tentang potensi pertumbuhan iklan baris online, pada kegiatan ConneTOLX.

Berdasarkan riset dari Google Temasek tahun 2017, transaksi e-commerce mencapai 10,9 miliar dolar US, di Asia Tenggara. Jumlah ini lebih besar 41% dibandingkan tahun 2015 yang hanya mencapai 5,5 miliar. Di Indonesia sendiri, e-commerce masih didominasi oleh jenis marketplace. Di mana, dalam satu platform terdapat banyak penjual dengan barang serupa. Selain itu, platform jenis ini juga memfasilitasi pembayaran hingga pengiriman barang.

Di sisi lain, platform iklan baris online menjadi pilihan individu yang ingin menjual dan membeli barang bekas. Munculnya aktivitas jual-beli pre-loved yang banyak dijumpai di media sosial, menunjukkan bahwa aktivitas jual-beli barang bekas mulai diminati masyarakat luas. Jangkauan media sosial terhadap calon pembeli yang terbatas, menjadikan peluang bagi iklan baris online untuk memberikan sebuah media beriklan dengan jangkauan yang lebih luas dibandingkan jumlah followers, di akun media sosial.

“Saat ini, marketplace banyak digunakan oleh masyarakat. Namun, kami melihat peluang untuk terus mengembangkan pasar iklan baris online, di Indonesia,” ujar Olaf Van Schagen, Chief Executive Officer OLX Indonesia. “OLX melihat semakin banyak masyarakat Indonesia yang mulai mengadaptasi jual-beli barang bekas, melalui media online. Hal ini akan terus mendorong pertumbuhan bisnis iklan baris, di Indonesia,” Van Schagen melanjutkan.

Selaras dengan komentar Van Schagen, Ken Research pun memprediksi bisnis iklan baris online di Indonesia, akan mengalami pertumbuhan positif beberapa tahun ke depan. Peningkatan penggunaan iklan baris horizontal, munculnya permintaan terhadap barang bekas—terutama mobil—serta peningkatan pembangunan tempat tinggal, diprediksi menjadi pendorong pertumbuhan ini. Selain itu, Ken research juga menyebutkan bahwa kemunculan permintaan terhadap tenaga kerja ahli juga turut memberikan sumbangsih terhadap pertumbuhan iklan baris online.

Untuk memberikan informasi tentang bisnis iklan baris online, OLX pun menggelar kegiatan yang bertajuk ConnecTOLX. Pada kegiatan ini, OLX memberikan pemaparan tentang industri e-commerce, khususnya iklan baris online. OLX melihat, istilah iklan baris online belum dipahami dengan baik oleh masyarakat, sehingga masyarakat cenderung menyamakan fungsinya dengan marketplace.

“Di dalam iklan baris online, Anda tidak akan menemukan barang yang sama,” Van Schagen memberikan penjelasan. “Setiap barang yang dijual di OLX itu unik. Meskipun merek dan tipenya sama, tetapi ada faktor penggunaan di situ. Masing-masing orang, akan menggunakan barang dengan cara yang berbeda,” ujarnya. Penggunaan yang unik atau berbeda menjadikan kondisi satu barang berbeda dengan barang lainnya.

ConnecTOLX sendiri diadakan di kantor OLX yang berada di Jakarta, pada tanggal 25 Januari 2018. Kegiatan ini dihadiri oleh individu dari berbagai macam industri seperti perbankan, farmasi, manufaktur, dan fast-moving consumer goods. “Kami ingin memberikan pengetahuan kepada publik sehingga mereka memiliki pemahaman tentang industri e-commerce, khususnya iklan baris online, dengan lebih baik,” ujar Van Schagen.

Dalam kegiatan ini, Van Schagen juga menyampaikan bahwa perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce tidak hanya diperuntukan bagi lulusan teknik. Ia mengatakan bahwa pengembangan produk dan servis di e-commerce menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari tim teknologi dan produk, riset, data & analisis, pemasaran, hingga pelayanan pengguna.

Sebagai bagian perusahaan teknologi global, OLX Group, pengembangan produk juga dilakukan secara selaras bersama tim global. Komunikasi intensif dilakukan secara berkala, untuk menyelesaikan kendala bersama-sama, serta memastikan fitur-fitur baru dapat dinikmati oleh pengguna dengan baik.

“Kolaborasi adalah nilai yang kami junjung bersama-sama sebagai sebuah tim, baik di Indonesia maupun tingkat global,” Van Schagen memberikan informasi tentang proses pengembangan sebuah produk, di OLX. “Kami yakin, sebuah produk yang baik, lahir dari kolaborasi atau kerjasama antar berbagai divisi,” tambahnya.

Lebih dari itu, OLX akan terus berpartisipasi dalam membangun industri e-commerce di Indonesia, melalui pengembangan produk yang relevan bagi kebutuhan pengguna. Dengan demikian, diharapkan segmen iklan baris online, di Indonesia, potensinya akan terus bertumbuh.

Tony Burhanudin

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.