Prediksi Mobile native ads 2017: Sebenarnya Apa yang Membuat Sebuah Native Ads Berhasil?

VP Media Operations Glispa Global Group Robert Wildner, memberikan pandangannya tentang mobile native ads di tahun 2017. 

Menurutnya, kalau 2016 adalah masa dimana semua membahas hadirnya mobile native formats dan perpindahan mereka ke iklan yang sudah terprogram, maka di tahun 2017 trennya masih akan seperti itu. Tetapi pengiklan perlu lebih memperhatikan waktu yang tepat dan konten yang masih relevan dengan targetnya.

Dalam hal format, native ads sudah membuktikan kalau mereka sudah berhasil sejak lama. Native Ads dibuat sesuai dengan konten disekeliling mereka, dengan maksud mengganggu para pengunjung di halaman tersebut untuk meningkatkan click-through-rat es (CTRs). Native ads ternyata menghasilkan CTRs 4x lebih tinggi dari tradisional display ads, sehingga hal ini membuktikan kelebihan dari format ini. 

Permintaan native ads, khususnya di telepon seluler, tahun lalu naik secara stabil, dengan jumlah pengeluaran untuk native ads tumbuh 50%. Industri ini dengan sendirinya menemukan jalan untuk mengukur sebuah iklan melalui cara yang sudah terprogram, sesuatu yang mungkin sudah lama digunakan untuk tradisional banner ads dan format yang sudah berstandar lainnya.

Sebagai hasilnya, standar teknis untuk native mobile ads telah diperkenalkan dan diadopsi sepanjang tahun 2016. Dengan semua hal ini, banyak layanan yang mulai menawarkan  pembelian dan penjualan otomatis untuk native mobile ads melalui pertukaran program.

Pada tahun 2017, sebagai implementasi teknis dari standar-standar tersebut yang makin meluas dan native ads semakin bisa diimplementasikan dengan lebih mudah, industri ini perlu memastikan manfaat utama dari native ad – menjadi sangat mengganggu- agar tidak dihilangkan. Pengembang aplikasi dan para pengiklan sama-sama perlu bertanya pada diri mereka sendiri, sebenarnya apa yang membuat sebuah native ads berhasil?

Pada tahun yang akan datang, beriklan di telepon seluler akan dipenuhi dengan native ads, waktu, dan data. Kita perlu melihat kesempatan yang lebih banyak pada 2 spesifik area: pengaturan waktu dan relevansi konten pada mobile native ads. 

Tidaklah cukup membuat tampilan iklan terlihat serupa dengan konten asli di sekitarnya, agar terlihat seperti aslinya ini sehingga memberikan kesempatan para pengembang untuk memikirkannya.

Pengembang aplikasi akan mengoptimalkan pengaturan waktu

Dengan banyaknya pengembang aplikasi yang saat ini mulai menyediakan native ads di dalam aplikasi mereka, berarti mereka juga harus mulai memberikan lebih banyak perhatian kepada alur penggunaan di dalam aplikasi mereka untuk memastikan kalau mereka menampilkan native ads di saat yang tepat.

Walaupun jika sebuah iklan sudah menyerupai konten  di sekitarnya, ini tetap bisa mengganggu jika ditampilkan pada waktu yang salah. Alur penggunaan menjadi suatu hal yang penting dalam memastikan sebuah iklan dipicu pada saat yang tepat ketika pengguna yang paling mungkin mau mengklik iklan diatasnya.

Prediksi 2017 Untuk Mobile Native Ads, Segala Sesuatunya Akan Tentang Native Ads, Pengaturan Waktu dan Data di Telepon Seluler

Prediksi 2017 Mobile Native Ads, Segala Sesuatunya Akan Tentang Native Ads, Pengaturan Waktu dan Data di Telepon SelulerPengiklan akan mengharapkan target yang lebih relevan

Untuk menghindari jatuhnya native ads, pengiklan akan mulai mengharapkan penggunaan data yang lebih baik untuk memastikan iklan mereka telah meraih orang yang tepat. Penyedia native ads yang memiliki akses kepada database profil pengguna yang luas, khususnya mereka yang bisa menyimpan data tingkah laku pengguna, akan lebih bisa menawarkan target yang lebih sesuai untuk memastikan iklan tersebut tidak hanya sesuai dengan konten yang disekitarnya, tetapi juga dengan menawarkan konten yang disukai atau diinginkan pengguna, pada saat yang tepat. 

Pertumbuhan yang luar biasa dari iklan yang sudah terprogram ini adalah sebuah bukti dari standar teknis yang sedang dilaksanakan, karena pada tahun 2017 diperkirakan akan ada lebih banyak budget yang dialokasikan untuk iklan terprogram di telepon seluler. Tanggung jawab akan ada pada tenaga pemasaran di industri mobile advertising untuk memastikan bahwa native ads menjadi lebih relevan karena mereka akan lebih berkembang. (***)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.