Program DEA Dorong UMKM Go Digital

Marketing.co.id – Berita UKM | Banyak sinergi dilakukan pemerintah dan perusahaan besar dalam mendorong pelaku UMKM go digital. Terbaru Tokopedia bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menggelar Digital Entrepreneurship Academy (DEA).

Wetan Store, UMKM Penghasil Sepatu Kulit Lokal

Program pelatihan digital ini ditujukan bagi pegiat usaha lokal, khususnya UMKM, yang memiliki usaha offline maupun online. “Program kolaborasi ini diharapkan dapat mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha di Indonesia, khususnya selama pandemi,” kata Astri Wahyuni, Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia.

Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemkominfo RI, Basuki Y. Iskandar, transformasi ekonomi Indonesia berjalan pesat beberapa tahun terakhir. Targetnya untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi global pada 2030, maka Indonesia harus berfokus pada teknologi dan digitalisasi.

“Inovasi perusahaan teknologi Indonesia seperti Tokopedia dapat mengakselerasi perwujudan visi dan misi Indonesia untuk menjadi poros kekuatan dunia. Dampak yang diberikan Tokopedia sejalan dengan prioritas nasional Making Indonesia 4.0,” ujarnya.

Baca juga: 2 Inisiatif Tokopedia untuk Meningkatkan Daya Saing UKM Lokal di Pasar Nasional

Prioritas nasional ini tidak hanya menargetkan pemberdayaan UMKM melalui teknologi, tetapi juga fokus meningkatkan SDM unggul. Tokopedia sendiri, di sisi lain, telah menjadi rumah bagi lebih dari 9,2 juta pegiat usaha di Indonesia, yang hampir 100%nya UMKM, bahkan 94%nya berskala ultra mikro.

Lanjut Astri, Tokopedia juga sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pemerintah melalui program DEA. Upaya bersama ini sejalan dengan komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam membantu UMKM tetap beroperasi walau di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi.

Pegiat usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh menghadapi pandemi karena bisa menjaga keberlangsungan bisnis dan memastikan keberadaan lapangan pekerjaan. Astri menegaskan, “Tokopedia pun mengimbau masyarakat untuk lebih bangga buatan Indonesia. Bersama kita bisa memulihkan perekonomian negeri yang saat ini terdampak pandemi.”

Pendaftaran DEA dibuka hingga 25 Oktober 2020, sedangkan pelatihannya akan berlangsung pada 2-13 November 2020 dan bertemakan mengembangkan bisnis online sesuai kebutuhan pasar. Materi pelatihan mencakup strategi sukses bisnis online di marketplace, pemasaran digital 101 dan tips membangun brand yang kuat.

Berbagai materi edukasi ini akan disampaikan melalui serangkaian aktivitas virtual, termasuk webinar, belajar mandiri dan kelas di aplikasi pesan yang dipandu Tokopedia. Masyarakat, yang telah mengikuti seluruh rangkaian pelatihan, bisa mendapatkan sertifikat.

Marketing.co.id: Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.