Prudential Selenggarakan Tutorial Aktuaria

0
2276

Peserta kelas A10PT Prudential Life Assurance menyelenggarakan Tutorial Aktuaria 2015, Selasa, 17/3/ 2015 di Pasca Sarjana Universitas Paramadina, Energi Building Lantai 22, SCBD Jakarta.

Tutorial selama dua hari itu diikuti 20 orang calon aktuaris dan diselenggarakan oleh Prudential Indonesia dan didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

“Salah satu komitmen kami dalam memberi kembali pada masyarakat adalah di bidang pendidikan, termasuk yang bertujuan untuk memperkuat industri asuransi di Indonesia serta mepromosikan perminatan Aktuaria dan potensi karir aktuaris kepada masyarakat,” kata Rinaldi Mudahar, President Director, Prudential Indonesia.

Ia juga mengatakan salah satu tantangan di industri asuransi adalah permintaan tenaga ahli aktuari yang terus meningkat dan hal ini menjadi kepedulian seluruh industri, termasuk Prudential.

Untuk itu, ia melanjutkan, sebagai bentuk dukungan Prudential terhadap pertumbuhan industri dan visi OJK dalam mencapai penambahan 1.000 aktuaris terlatih, sekaligus membantu Persatuan Aktuaris Indonesia mencetak tenaga-tenaga baru.

Tutorial Aktuaria merupakan pembekalan bagi aktuaris yang akan mengikuti ujian Profesi Aktuaris oleh Persatuan Aktuaris Indonesia pada tanggal 23 Maret 2015 dengan jumlah peserta ujian sekitar 300 orang.

Materi ujian aktuaris meliputi A10 (Matematika Keuangan), A20 (Probabilita dan Statistika), A30 (Ekonomi) dan A40 (Akuntansi),dan F33 (Aspek Aktuaria dalam Asuransi Umum).Tutorial didukung oleh tenaga pengajar profesional Aktuaris bergelar Fellowship of the Society of Actuaries in Indonesia (FSAI).

Aktuaris memainkan peran penting dalam memastikan kesehatan dan solvabilitas bisnis asuransi melalui pengembangan produk serta analisa keuangan. Saat ini, tantangan dalam industri asuransi adalah kurangnya jumlah aktuaris dalam memastikan kesehatan dan solvabilitas industri.

Sejauh ini, dari perkiraan kebutuhaPeserta Kelas F33n 600 ahli aktuaria dalam beberapa tahun mendatang, Indonesia baru memiliki sekitar 150 aktuaris.

Pada Agustus 2013 Prudential Indonesia telah bekerjasama untuk mengembangkan program studi Aktuaria dengan Universitas Indonesia (UI) melalui program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, (MM-FE), dengan memberikan berbagai bantuan mulai fasilitas gedung, kurikulum serta bantuan teknis untuk kebutuhan pendidikan Aktuaria agar dapat membantu menciptakan aktuaris dalam negeri yang handal.

Berdiri pada 1995, PT Prudential Life Assurance atau Prudential Indonesia merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup perusahaan jasa keuangan terkemuka di Inggris. Sebagai bagian dari Grup yang berpengalaman lebih dari 165 tahun di industri asuransi jiwa, Prudential Indonesia memiliki komitmen untuk mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

Sejak meluncurkan produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi (unit link) pertamanya pada 1999, Prudential Indonesia merupakan pemimpin pasar untuk produk tersebut di Indonesia. Di samping itu, Prudential Indonesia juga menyediakan berbagai produk yang dirancang untuk memenuhi dan melengkapi setiap kebutuhan para nasabahnya di Indonesia.

Sampai 30 September 2014, Prudential Indonesia memiliki kantor pusat di Jakarta dan kantor pemasaran di Medan, Surabaya, Bandung, Denpasar, Batam dan Semarang. Prudential Indonesia melayani lebih dari 2,3 juta nasabah melalui lebih dari 213.000 tenaga pemasar di 379 Kantor Pemasaran Mandiri (KPM) di seluruh Nusantara (termasuk Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, Yogyakarta, Batam, dan Bali).

Editor: Lutfi JA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.