QRen Dukung Gerakan Menuju 100 Smart City

Marketing.co.idBerita Digital & Techno | Memasuki industri 4.0, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan mencanangkan program ‘Gerakan Menuju 100 Smart City’. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) mendukung gerakan ini melalui QRen, yakni solusi pembayaran menggunakan teknologi kode QR (Quick Response).

Setiaji, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jawa Barat mengungkapkan, di era yang serba digital, industri dan para pelaku bisnis kini bertransformasi arah digital guna mengimbangi permintaan akan produk digital yang semakin tinggi. Menyadari hal tersebut, pemerintah menggalakkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengakselerasi program Smart City, salah satunya dengan QRen.

“Keunggulan dari pembayaran kode QR dapat dirasakan langsung oleh masyarakat terutama di masa pandemi ini, karena sistem pembayaran ini memungkinkan masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital. Dengan hadirnya teknologi pembayaran kode QR, ke depannya diharapkan dapat membantu mewujudkan juga misi besar pemerintah dalam memberikan layanan terbaik untuk seluruh masyarakat Indonesia,” papar Setiaji.

Baca juga: 6 Pilar Utama Mewujudkan Pekanbaru Smartcity Madani

Smart city merupakan program penciptaan kota atau wilayah berbasis teknologi, di mana masyarakat dan pemerintah setempat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada kehidupan sehari-hari. Melalui program ini, pemerintah bahu membahu berupaya untuk menciptakan fasilitas kota atau wilayah berbasis teknologi dengan menyusun Masterplan Smart City.

Smart City
Simulasi Pembayaran Retribusi Pasar

Hingga saat ini, pemerintah telah melakukan integrasi berbagai inovasi teknologi guna menghadirkan layanan terbaik kepada masyarakat, seperti pemanfaatan teknologi pembayaran digital berbasis kode QR sesuai standar Bank Indonesia dan pemanfaatan platform QRen, QRIS-nya Telkom Indonesia, pada setiap segmen bisnis dan pembayaran jasa layanan masyarakat. Adapun upaya lainnya adalah pemasangan stiker QRIS pada bisnis UMKM, aplikasi QRen pada UKM, serta pemanfaatan API module QRen pada perangkat pendukung aplikasi (layanan POS, aplikasi pembayaran e-commerce, layanan tiketing, parkir, hingga Billing System).

Baca juga: Contactless Payment Tumbuh Dobel Digit di Juni 2020

Fajar Eri Dianto, Chief Executive Officer QRen mengungkapkan, industri teknologi yang dinamis dapat menunjang berbagai aktivitas masyarakat dan meningkatkan produktivitas. “Menjawab kebutuhan dan juga peluang yang ada, bersama Bank Indonesia, kami berupaya untuk menghadirkan inovasi pembayaran digital berbasis kode QR (Quick Response) yang terintegrasi dan tepat guna melalui aplikasi QRen, QRIS-nya Telkom Indonesia,” tutur Fajar.

QRen dapat dimanfaatkan oleh semua penyelenggara sistem pembayaran, baik di Indonesia maupun di luar negeri yang telah sesuai dengan standardisasi Bank Indonesia. QRen menyediakan beragam layanan dan fitur inovatif, seperti Integrated QR Payment Application, layanan PPOB, top up E-Money, mencetak kode QR untuk pembayaran kode QR, serta riwayat transaksi dan pemisahan modal usaha dan pendapatan.

Marketing.co.id | Portal Berita Marketing dan Berita Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.