Raih Rekor MURI, Confidence Makin Percaya Diri Garap Pasar

Ada tiga segmen yang disasar Confidence, yakni lansia, usia produktif, dan penderita Inkontinensia Urin. Inovasi apa saja yang ditawarkan untuk tiga segmen ini?

Kiri ke kanan: Panji Surya Putra Sahetapy, Dewi Yull, Nirma Sofiawati Head of Marketing Adult Care PT Softex Indonesia, dan Ketua Umum Rekor MURI Jaya Suprana saat seremoni penyerahan Rekor MURI

Merek popok untuk dewasa, Confidence berhasil mendapatkan Rekor MURI (Museum Rekor Indonesia). Rekor MURI diberikan atas pencapaian Confidence meraih Testimoni Terbanyak, yakni 10.000. Testimoni tersebut berasal konsumen yang telah merasakan atau menggunakan popok dewasa Confidence, baik pemakai langsung atau caregiver. Testimoni diunggah ke situ www.confidence-adultcare.com selama periode Juni- Oktober 2017.

Penyerahan Rekor MURI diberikan langsung oleh Ketua Umum Rekor MURI Jaya Suprana. Piagam Rekor MURI diserahkan kepada Nirma Sofiawati, Head of Marketing Adult Care PT Softex Indonesia, dan disaksikan oleh artis senior Dewi Yull. Seremoni penyerahan Rekor MURI berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (20/12/17).

Sebelum penyerahan Rekor MURI, Nirma sempat menjelaskan strategi pemasaran Confidence. Confidence menyasar segmen pasar SES A dan B dengan usia 40 tahun ke atas. Di Indonesia popok dewasa banyak digunakan oleh lansia atau usia senior. “Di Indonesia 80% pengguna popok dewasa adalah para senior. Berbeda dengan di Jepang dimana 80% pengguna popok dewasa adalah mereka yang masih dalam usia produktif,” jelas Nirma.

Bercermin dari fakta di atas, Confidence ingin terus memperluas pangsa pasarnya. Bukan hanya terbatas di segmen lansia, tapi juga usia produktif. Di segmen lansia, strategi pemasaran Confidence mengajak para lansia untuk tetap produktif di usia senja. Confidence juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan memberi dukungan kepada para senior.

“Confidence menghadirkan kampanye ‘Untuk Orang Tua Berikanlah Yang Terbaik’. Acaranya dikemas secara menarik dengan mengkolaborasikan sisi edukasi melalui talkshow kesehatan dengan topik seputar hidup sehat usia senior,” tuturnya.

Selain lansia, segmen yang digarap Confidence adalah mereka yang masih dalam usia produktif. Untuk segmen ini, Confidence mengedukasi mereka bahwa popok Confidence nyaman dikenakan untuk hal-hal yang sifatnya insidental, seperti ketika sedang berkemah, naik gunung, umrah, dan haji. “Mereka yang tidak ingin direpotkan ke toilet dalam kondisi tertentu bisa menggunakan Confidence,” imbuh Nirma.

Segmen lain yang potensial digarap Confidence yakni penderita “Inkontinensia Urin”. Inkontinensia Urin merupakan gangguan saat buang kecil, dimana penderitanya merasa kesulitan menahan buang air kecil. Inkontinensia Urin disebabkan oleh melemahnya otot-otot kandung kemih. Ada tiga tipe penderita Inkontinensia Urin. Pertama, Overflow yaitu urin dalam kandung kemih sudah terlalu penuh, gejalanya rasa tidak puas setelah buang air kecil karena urin sedikit keluar dan pancarannya lemah.

Kedua, Stress, saat batuk, tertawa, atau bersin, urin akan keluar karena terjadinya peningkatan tekanan pada perut. Ketiga Urge, ditandai dengan ketidakmampuan menunda berkemih setelah sensasi berkemih muncul, karena otot kandung kemih (otot destrusor) tidak stabil.

Gejala Inkontinensia Urin

Firtantyo Adi Syahputra, dokter spesialis urologi menjelaskan, gejala Inkontinensia Urin bisa dilihat dari tanda-tanda seperti sering berkemih di siang hari ( lebih dari 8 kali), ketika tidur terbangun untuk berkemih (lebih dari satu kali), tergesa-gesa untuk berkemih, dan berkemihnya lama.

Firtantyo menambahkan, wanita yang sering melahirkan dan kegemukan, pria perokok dan penderita prostat berpotensi terkena Inkontinensia Urin. “Lebih dari 200 juta orang di dunia pernah dan sedang mengalami keluhan tersebut. Wanita lebih sering terkena Inkontinensia Urin dibandingkan pria,” tuturnya.

Nirma menambahkan, tidak ada data pasti berapa jumlah penderita Inkontinensia Urin di Indonesia. “Seperti fenomena gunung es, karena banyak orang yang malu mengatakan mereka menderita penyakit tersebut,” tuturnya.

Nirma menambahkan, keberhasilan Confidence tidak lepas dari strategi pemasaran yang digencarkan selama ini. Dari sisi produk Confidence  menjadi satu-satunya popok dewasa yang sudah teruji klinis dari Australian Dermatologist sebagai popok dewasa yang aman bagi kulit. Selain itu, Confidence juga telah memperoleh sertifikat halal MUI, sehingga komunitas Muslim merasa aman menggunakannya.

Produk Confidence terbagi dalam dua kategori, yakni Tipe Perekat untuk pengguna yang sakit (bedridden) dan Tipe Celana untuk pengguna yang masih aktif. Pada Tipe Perekat ada tiga inovasi yang disematkan. Pertama, inovasi pertama lapisan luarnya berbahan cloth-like selembut kain dan bersirkulasi udara. Kedua, Inovasi ekstrak Aloe Vera yang lembut untuk menghindari iritasi. Ketiga, inovasi daya serap ekstra cepat yang membuat permukaan popok tetap kering.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.