Ramah Saja Tidak Pernah Cukup

www.marketing.co.id – Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, kadangkala kita menemukan kejadian yang dapat menimbulkan suatu pertanyaan dalam diri sendiri. Meskipun kita telah berusaha keras untuk memberikan servis yang excellence kepada para pelanggan, ada saja feedback yang kami terima dari pelanggan yang mengatakan service kami belum bagus.

Ada dua hal yang dapat menjadi penyebabnya. Pertama adalah kita kurang tepat dalam mendefinisikan dan men-deliver servis yang dibutuhkan oleh pelanggan. Kita sering terjebak pada asumsi mengenai kebutuhan pelanggan.

Inilah pentingnya kita mengetahui harapan dan kebutuhan pelanggan dengan baik, melalui cara bertanya kepada pelanggan.  Ada banyak cara yang dapat dilakukan tentunya, dapat melalui riset kuantitatif ataupun kualitatif.  Diharapkan dengan mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan, maka dimensi service quality yang menjadi titik perhatian kita akan sama dengan kebutuhan pelanggan.

Kedua, pada akhirnya pelanggan akan menilai servis kita dari solusi yang kita berikan kepada mereka. Seberapa pun cepat dan akuratnya servis yang kita berikan, dengan keramahtamahan yang luar biasa, akan menjadi sia-sia di mata pelanggan apabila masalah atau kebutuhan pelanggan tidak dapat kita penuhi. Servis yang baik adalah servis yang dapat memberikan solusi kepada pelanggan pada saat yang tidak normal, pada saat pelanggan sangat membutuhkan solusi. (Yuliana Agung, MBA.)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.