RANS Entertainment Ikut Kembangkan Metaverse Pendidikan di SBM ITB

0
182
Metaverse di dunia pendidikan
Metaverse di dunia pendidikan

Marketing.co.id  –  Berita Digital & Techno | Metaverse bukan hanya tentang game dan hiburan. Teknologi virtual dan augmented reality ini juga berlaku di banyak sektor, termasuk pendidikan. Seperti diketahui pandemi Covid-19 telah mengubah sistem pembelajaran, yang tadinya hanya mengandalkan pendidikan luring, kini kita juga mengenal sistem pendidikan daring.

Tidak peduli seberapa skeptisnya kita tentang hal itu, sekolah atau kuliah juga diharapkan mendapat manfaat besar dari metaverse, menggunakan kemampuan imersifnya untuk membuat lingkungan pembelajaran virtual lebih hidup, dan pembelajaran itu sendiri lebih menarik dan eksperiensial bagi mahasiswa tersebut.

Baca juga: JakLingko Indonesia akan Hadirkan Layanan Transportasi Publik Modern di Metaverse

RANS Entertainment sebagai pemilik kekayaan intelektual, VCGamers sebagai pengembang infrastruktur blockchain, Shinta VR sebagai pengembang dunia metaverse dan UpBanx sebagai mitra pembiayaan dan likuiditas, akan berkolaborasi dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung dalam mengembangkan dunia pendidikan di metaverse.

Misi SBM ITB untuk mendidik mahasiswa menjadi pemimpin yang inovatif dan berjiwa wirausaha, mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan bisnis dan manajemen untuk kemajuan bisnis, pemerintah, dan masyarakat akan diimplementasikan di dunia metaverse.

Metaverse di dunia pendidikan
Metaverse di dunia pendidikan

Dina Dellyana, Director the GreaterHub SBM ITB menjelaskan, kolaborasi antara SBM ITB dengan Ransverse akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap awal dilakukan aktivasi untuk kegiatan virtual inkubasi para startup SBM ITB , menyelenggarakan workshop dan kelas-kelas. Langkah berikutnya akan dibuat metaverse version dari beberapa lab yang ada di SBM ITB seperti Laboratorium Manajemen Teknologi atau MOT Lab, Inkubator, makerspace dan lain sebagainya.

“Tujuan dari kerjasama ini adalah untuk eksplorasi kegiatan pendidikan menggunakan teknologi baru sehingga lebih relate dengan mahasiswa, selain itu juga meningkatkan learning experience untuk mahasiswa. Kami berharap kerjasama ini dapat memberikan percepatan pengembangan ekosistem entrepreneurship digital di SBM ITB” ungkap Dina.

RansVerse adalah metaverse pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi blockchain dari VCGamers sebagai fondasi yang menghubungkan dunia fisik dan virtual. Berbagai hal yang ada di dalam RansVerse nanti akan berbentuk NFT.

RansVerse Builder akan menjadi fitur dasar bagi para pemain untuk dapat membuat & mendesain NFT mereka sendiri seperti rumah, kostum, kendaraan, aksesoris, dan lainnya. Selain itu, NFT tersebut dapat diperjualbelikan di NFT Marketplace VCGamers menggunakan $VCG Token.

Hal yang ditunggu – tunggu para holders $VCG, RansVerse Initial Land Offering (ILO) Wave 1 akan dibuka untuk publik secara resmi pukul 21:00 wib pada tanggal 30 May, dimana para holders $VCG akhirnya akan mendapat kesempatan untuk membeli lahan virtual di kepulauan berbentuk ‘R’ ini dan menjadi tetangga pada pasangan selebriti Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Baca juga: DMMX Gandeng RANS Entertainment Bangun Platform Pemasaran Media Sosial Digital

Secara teknisnya calon pembeli dapat mengakses website https://ransverse.vcgamers.com/maps, dengan cara menghubungkan wallet cryptocurrency via trust wallet, metamask, safepal atau wallet connect dan langsung memilih dan membeli lahan berwarna putih.

Terdapat dua tipe LAND yang akan dibuka pada pembukaan kali ini yaitu Single LAND dan Cluster. Harga LAND tersebut dibuka dengan penawaran spesial mulai dari $VCG 1000 sampai $VCG 12.800 atau setara Rp 750.000 sampai Rp 9.600.000 (harga saat ini).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.