Ratusan Ribu UMKM Sukses Kibarkan Merah Putih di Pasar Global bersama Shopee

Marketing.co.id – Berita UMKM |  Sebanyak 180.000 penjual lokal dalam kategori Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Shopee telah berhasil melakukan ekspor ke Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand dan Vietnam.

Bahkan pada pertengahan tahun 2021, Shopee juga mulai membantu UMKM memasarkan produk hingga Brasil, sejalan dengan tujuan ekspor pemerintah demi meningkatkan perdagangan ke pasar non-tradisional.

Untuk menginspirasi lebih banyak UMKM ekspor, Shopee menghadirkan webinar dengan tema Kisah Sukses Kibarkan Merah Putih di Pasar Global dengan Program Ekspor Shopee. Dalam acara ini, hadir 2 UMKM lokal yang telah berhasil menjangkau pasar global, yakni Wallts dan Handmadeshoesby.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kenaikan angka ekspor nasional di bulan Juni 2021 sebesar 54,46% jika dibandingkan dengan tahun lalu. Lonjakan di sektor ekspor nonmigas, khususnya, memberikan gambaran optimisme bagi Program Ekspor Shopee untuk terus berkontribusi terhadap peningkatan tren ini. Dengan terus bertambahnya destinasi ekspor ke berbagai negara, diharapkan dapat merangkul semakin banyak pelaku UMKM tanah air untuk unjuk gigi ke pasar dunia.

Melalui Program Ekspor Shopee, Shopee terus berupaya membawa UMKM naik kelas agar bisa menaikkan ekspor nasional dengan cara meningkatkan kapasitas UMKM yang berorientasi ekspor, sehingga mampu menciptakan eksportir baru dari UMKM.

Balques Manisang, Head of Government Relations Shopee Indonesia menyatakan “Melalui komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM agar mampu bersaing di kancah global melalui berbagai pengembangan inovasi dan program. Kami berharap, dapat menjadi mitra UMKM untuk bertumbuh dalam kuantitas dan kualitas, baik secara lokal maupun global dan produk dalam negeri bisa terus diminati dan dicari.”

Melalui Program Ekspor Shopee, Shopee ingin membantu lebih banyak UMKM lokal untuk bisa menjangkau pasar global. Hingga Juli 2021, beragam produk lokal laris di pasar internasional, dengan total penjualan harian sebanyak 50.000 produk setiap harinya melalui platform Shopee.

Berbagai program dari hulu ke hilir dihadirkan untuk mendorong dan mendukung UMKM dapat ekspor, mulai dari edukasi, pelatihan, dan pendampingan secara online melalui program Kampus Shopee.

Pada tahun 2021, Shopee juga menghadirkan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Solo, Bandung dan Semarang dengan berbagai fasilitas dan layanan ekstensif yang dapat dinikmati oleh seluruh pelaku UMKM di kota tersebut. Para pelaku UMKM akan mendapatkan pendampingan bisnis digital dan menjadi bagian dari Program Ekspor Shopee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.