Tips Memilih Bantal Yang Tepat Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

0
378

Marketing.co.id – Berita Lifestyle | Di tengah berbagai aktivitas yang padat serta situasi pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, menjaga kesehatan merupakan hal yang penting. Berbagai faktor perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan, salah satunya adalah dengan memperhatikan kualitas tidur.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mendapatkan Kualitas Tidur Yang Baik

Saat waktunya tidur, pasti kita ingin menikmatinya dengan nyaman sehingga bisa bangun dengan lebih segar dan siap memulai hari dengan semangat. Untuk itu, pilihan bantal tentunya tak bisa sembarangan.

Baca Juga: Tips Mengubah Kamar Tidur Serasa Hotel, Sangat Mudah!

Dengan pemilihan bantal yang tepat tentu dapat menghindari pola tidur yang kurang teratur karena ketidaknyamanan serta sakit leher ataupun punggung saat bangun di pagi hari. Untuk itu, yuk simak hal apa saja yang perlu diperhatikan untuk memilih bantal agar Anda dapat memiliki waktu istirahat yang optimal dan tentunya semakin nyaman untuk menghabiskan waktu di kamar!

Baca Juga: [Survei] 62% Karyawan di Jakarta Nggak Bisa Tidur Nyenyak!

Pilih bantal yang sesuai dengan kebiasaan tidur Anda

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Tapi, tahukah Anda jika posisi tidur sebenarnya memengaruhi jenis bantal yang harus digunakan? Oleh sebab itu, memilih jenis bantal yang cocok untuk kebiasaan tidur Anda akan membantu beristirahat dengan lebih baik.

Baca Juga: Ini Lho Pentingnya Anda Harus Tidur Nyenyak

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui kebiasan tidur Anda, apakah menyamping, terlentang atau berpindah-pindah posisi. Terdapat ragam pilihan bantal seperti bantal tebal yang berguna untuk mengisi jarak antara leher dan bahu, bantal tidak terlalu keras ataupun terlalu tinggi agar leher mendapat sanggahan yang cukup, atau bantal dengan ukuran besar yang dapat mencakup semua area tidur. Cari tahu kebiasaan tidur Anda dan pilih jenis bantal yang menjawab kebutuhan Anda!

Ketahui ragam jenis bantal!

Jenis bantal juga bisa dikategorikan dari isi dari bantal tersebut serta bentuknya. Terdapat beberapa jenis isi bantal seperti lateks, kapuk, bulu angsa, dakron, kapas dan masih banyak lagi, setiap jenisnya pun memiliki keunggulan masing-masing. Salah satu jenis bantal yang cukup populer adalah bantal lateks, yang sering disebut sebagai jenis bantal terbaik dari segi kualitas.

Baca Juga: Apa Sih Yang Membuat Para Pengusaha Susah Tidur?

Karena jenis bantal sangat beragam, pada tahap ini Anda harus memerhatikan preferensi, tingkat kenyamanan serta mengetahui perawatan sebelum memilih isi bantal. Ketahui terlebih dahulu keunggulan yang ditawarkan dari setiap jenis, mulai dari keunggulan anti debu, anti tungau, ketahanan, isi bantal yang tidak mudah membuat Anda berkeringat hingga kelembutan tekstur.

Beberapa contoh keunggulan dari jenis bantal antara lain:

  • Bantal Lateks memungkinkan Anda untuk tidur dalam semua posisi tanpa harus takut mengalami sakit leher. Jenis bantal ini dapat mengurangi risiko ruam dan alergi karena tidak akan membuat Anda mudah berkeringat.
  • Bantal Dacron juga merupakan jenis bantal yang cukup diminati  karena dapat menopang kepala dengan baik. Keunggulan lain seperti anti debu, anti tungau, dan memiliki durabilitas yang tinggi karena tidak mudah rusak meskipun dicuci berkali-kali.
  • Bantal Bulu Angsa dikenal dengan teksturnya yang sangat lembut dan kualitas yang baik serta harganya yang cukup tinggi.

Pertimbangkan kondisi kesehatan Anda

Kondisi kesehatan juga menjadi salah satu faktor terpenting yang harus dipertimbangkan. Jika Anda sering merasakan nyeri di leher setiap bangun tidur, gunakanlah jenis bantal yang bagian bawahnya sedikit lebih tebal daripada bagian atasnya agar dapat membantu mengurangi tekanan pada sendi otot leher, sehingga membantu tidur lebih nyaman dan bangun tidur lebih segar.

Selain tingkat support untuk area kepala, bahan bantal juga harus Anda perhatikan, loh! Khususnya jika Anda memiliki alergi tertentu, bantal dengan bahan hypoallergenic atau anti alergi bisa menjadi pilihan yang ideal. Selain itu, jangan lupa mengganti bantal secara berkala setiap 1-5 tahun sekali, tergantung dari kondisi bantal dan kebutuhan Anda, ya!

Setelah mengetahui berbagai jenis bantal, masing-masing keunggulan dan kekurangannya, serta mempertimbangkan kondisi Kesehatan Anda, jangan lupa sesuaikan semua kebutuhan dan preferensi Anda dengan budget yang Anda miliki.

Nah, setelah membaca tips dan rekomendasi di atas, apa Anda sudah siap menemukan bantal ideal Anda? Beritahu kami dalam kolom komentar!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.