Resep Belanja Sesuai Anggaran

0
870

Resep Belanja Sesuai AnggaranMeskipun anggaran setiap bulan sudah dibuat tapi ada saja pengeluaran yang tidak terduga. Umumnya, pengeluaran itu banyak dialokasikan untuk belanja. Nah, yang jadi masalah pengeluaran belanja itu bisa habis hampir sepertiga penghasilan Anda. Waduh, jika Anda terus-terusan hidup dalam keborosan bisa-bisa Anda malah tidak punya tabungan. Kami berikan resep belanja sesuai anggaran Anda agar tidak terjerat dalam keborosan.

1. Buat daftar dan mematuhinya

Fokus pada daftar belanjaan yang telah Anda buat! Pengeluaran tak terduga itu kerap muncul apabila Anda sedang ke supermarket dan mengambil barang-barang yang tidak termasuk dalam daftar belanjaan. Sehingga barang-barang yang bukan termasuk dalam kebutuhan pokok lebih besar daripada kebutuhan Anda sendiri. Belajar mematuhi daftar yang sudah Anda buat, hal ini juga berlaku apabila Anda sedang jalan-jalan di pusat perbelanjaan. Jika tujuannya hanya untuk makan, maka jangan sampai keluar pusat perbelanjaan dengan menenteng kantong belanjaan.

2. Belanja sendirian

Ada suka dan dukanya jika belanja sendirian. Dukanya tentu serasa sepi dan tidak ada teman. Tapi, sukanya Anda bebas berjalan-jalan dan menentukan tujuan. Di samping itu belanja sendirian juga bisa menghemat pengeluaran. Berbelanja dalam kelompok sering kali berakibat pada pembelian tak sengaja, umumnya karena tekanan kelompok. Jika Anda berencana melakukan belanja singkat dengan anggaran khusus di kepala, yang terbaik adalah pergi sendiri tanpa teman yang dapat membawa Anda ke jalan mereka yang gila belanja.

3. Beli barang bermerek?

Membeli barang bermerek kerap identik dengan pemborosan. Soalnya, harga barang-barang bermerek itu sangat tinggi. Di balik harganya yang mahal tentu kualitasnya juga jauh lebih baik daripada barang non merek. Anda bisa melakukan penghematan dengan membeli barang bermerek karena bertahan lebih lama. Misalnya, sepatu bermerek kualitasnya jauh lebih baik dibanding barang non merek. Dan Anda bisa memakainya untuk jangka waktu yang lama sehingga tak perlu membeli sepatu sebulan sekali. Meski demikian, tidak ada ruginya bereksperimen dengan merek-merek lain dalam pencarian produk-produk berkualitas tinggi di pasaran. Anda tidak akan pernah tahu hingga Anda mencoba. Pada akhirnya, hal ini mungkin akan sepadan dengan waktu dan uang yang Anda keluarkan.

4. Belanja di kala kenyang

Maksudnya, sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke pusat perbelanjaan atau supermarket pastikan perut dalam kondisi yang sudah kenyang dan terisi. Hal ini membuat kantong Anda dan juga anggaran yang telah direncanakan tidak melenceng. Saat Anda sudah kenyang, tentu Anda tidak akan tergoda promosi dari kedai kopi atau café-café yang ada di pusat perbelanjaan. Bagi Anda yang memiliki anak, ini umum terjadi bila sedang berbelanja dengan anak-anak. Anak-anak dapat menjadi penyebab pengeluaran extra di menit-menit terakhir aktivitas belanja Anda yang seharusnya singkat. Untuk itu, anak-anak perlu dikenyangkan dahulu perutnya sebelum pergi belanja.

5. Periksa nota belanja

Kesalahan terbesar saat belanja adalah tidak memeriksa pembelanjaan dan tagihan sebelum meninggalkan konter pembayaran. Ini merupakan kebiasaan yang buruk yang sebaiknya ditinggalkan semua orang. Anda perlu memastikan nota belanjanya sesuai dengan daftar belanjaan Anda. Bila terjadi selisih dalam nota segera tanyakan pada pihak counter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.