Review Game “Football Manager 2012”

0
1374

Football Manager seri terdahulu dikeluhkan banyak para pengguna lama akan kerumitannya yang realistis tapi justru mengurangi faktor adiktif dari game tersebut. Terlalu banyak klik untuk membuka halaman baru yang mungkin berdampak kurang signifikan pada keasyikan memainkan game ini (seperti Press Conferences, Match Preparation Traning serta dialog dengan para agen). Padahal menurut para gamer yang kecanduan bermain Football Manager ini (para gamer yang setia mengikuti perkembangannya sejak era kejayaan Championship manager) kemampuannya untuk memberikan fitur sederhana namun cukup untuk membuat tim Anda memenangkan berbagai simulasi pertandingan adalah faktor adiktif utama dari game ini, yang sayangnya setelah dirancang makin realistis maka kemungkinan Anda untuk memenangkan pertandingan semakin kecil, dan semakin susah juga keinginan Anda untuk melihat Arema atau Persipura berjaya di Liga Champions Asia di musim pertama Anda bermain.

Football Manager 2012 kini memberikan sedikit tambahan saja dari seri sebelumnya, tapi sedikit tambahan tersebut mampu memberi dampak yang signifikan dan mungkin mampu mengembalikan faktor adiktifnya yang menurut beberapa fans sudah mulai berkurang.

Untuk permulaan, halaman ‘Match Preparation’ mampu digabungkan dengan baik halaman taktik dan pilihan lineup tim Anda. Hal ini membuatnya lebih terlihat masuk akal dan lebih mudah untuk diatur. Terlebih lagi asisten Anda akan mengingatkan apabila Anda telah melakukan tugas dengan baik, dan secara umum dia akan lebih membantu Anda dalam memahami fitur-fitur rumit dalam game ini. Kalau Anda masih pemula dalam game ini maka fitur tutorial akan memandu Anda dengan sangat detil.

Fitur “adaptive layout system” memungkinkan Anda untuk mendapatkan detil perkembangan tim Anda dari hari ke hari mulai dari transfer pemain hingga latihan rutin, tanpa harus mengeklik berkali-kali untuk membuka halaman baru. Semuanya mampu digabungkan dengan baik dalam satu layar dan akan mempersingkat waktu untuk mempersiapkan tim Anda dengan baik.

Anda juga mampu menambahkan liga baru pada file save game Anda pada setiap saat. Tambahan fitur yang sangat berguna jika Anda cukup stres dengan hasil tim Anda dan ingin ‘pelarian’ baru dengan tim lain. 3D match engine juga mengalami peningkatan walaupun hal ini kurang terlalu berdampak pada tingkat keasyikan bermain Football Manager.

Peningkatan yang mungkin paling ditunggu-tunggu tentu adalah peningkatan dari fitur ‘Team Talk’. Sekarang Anda bisa berbicara pada skuad Anda dengan nada yang berbeda-beda, mulai dari mengkritik, memuji atau bahkan berteriak sambil marah-marah pada skuad Anda dan segera mendapatkan feedback langsung dari pilihan perkataan Anda baik dalam bentuk kalimat berwarna merah atau hijau yang menandakan reaksi positif atau negatif mereka. Memilih perkataan yang tepat untuk memotivasi skuad Anda atau mengurangi beban mereka sebelum pertandingan menjadi fitur yang sangat menyenangkan dalam game ini.

Banyak hal-hal kecil lain yang dapat Anda temukan dan mungkin menjadi daya tarik tersendiri bagi tiap masing-masing pemain, bagi para fans lama mungkin mengembalikan tingkat kesedarhanaan yang menjadi faktor utama dari betapa adiktifnya game ini. Hal-hal kecil dan menjengkelkan seperti konferensi pers baik sebelum maupun sesudah pertandingan mungkin tetap menyebalkan, tapi tak akan mengurangi keasyikan bermain secara keseluruhan.

Sumber

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.