RIM Besar Mulut, Tidak Ada Bukti

0
902

Bukan tidak ada alasan kenapa para analis teknologi dan pasar kini ragu dengan masa depan RIM. Kasus terbaru tentunya tentang BlackBerry PlayBook. Proyek tablet pertama itu bahkan gagal di tahun awal penjualannya. Laporan keuangan RIM untuk periode kuartal kedua 2011 menyebutkan RIM hanya mampu mengirim 200 ribu unit PlayBook.

Hal yang sama terjadi pada BlackBerry smartphone. Seperti halnya BlackBerry PlayBook, di kuartal yang sama penjualan BlackBerry smartphone juga merosot. Namun dalam hal ini para analis masih percaya pada ucapan co-CEO Jim Balsillie dan Mike Lazaridis bahwa RIM akan mampu mengirim 13,5 juta – 14,5 juta BlackBerry devices pada kuartal ketiga ini. Itu artinya RIM menaikkan target dari 10,6 juta unit di kuartal kedua kemarin.

RIM percaya bahwa kuartal kedua 2011 (Jun-Aug, versi RIM) adalah waktu yang sangat singkat (3 minggu) bagi BlackBerry OS sebelum kuartal dua berakhir di 31 Agustus 2011. Perbaikan strategi bisnis dilakukan untuk kuartal ketiga ini dengan menurunkan harga BlackBerry PlayBook dan memberikan software update QNX OS. Namun analis dari JMP Securities, Alex Gauna, menyangsikan RIM akan berhasil di kuartal ketiga. Gauna menyebut PlayBook sebagai bentuk ‘limbah raksasa dari sebuah model produk yang belum rilis.’

Rasa pesimis para analis pastinya beralasan. Itu tak lain karena apa yang diucapkan co-CEO RIM selalu berbeda dengan kenyataan. RIM dianggap memiliki mulut besar namun tidak bisa membuktikan kesombongannya itu.

Di sini Anda bisa melihat bagaimana perjalanan sejarah RIM; apa yang disampaikan Balsillie selama conference call dan apa yang menjadi kenyataan:

15 September 2011:
“Kita mengalami peningkatan dan penurunan penjualan BB7 yang cukup berarti di Amerika Utara. Kami berencana untuk melipat-gandakan jumlah model BlackBerry yang dijual di Amerika dan meningkatkan jumlah carrier yang memasarkan produk kami. Itu akan meningkatkan posisi kami di masa mendatang. Kami yakin sekali BB7 akan memberikan hasil seperti yang telah kami targetkan.”

Fakta: masih proses

16 Juli 2011:
“RIM rilis PlayBook pada kuartal pertama 2011 di online store di seluruh Amerika termasuk Best Buy,Staples, Office Depot dan masih banyak lagi. Kami telah mengirim 500 ribu unit di kuartal pertama ini. PlayBook menawarkan kekuatan, mudah dijangkau dan layanan web yang kuat. PlayBook adalah produk penting RIM bukan hanya karena pertumbuhan tablet yang dijanjikan namun juga karena PlayBook adalah tablet pertama kami dan merupakan BlackBerry device pertama berbasis QNX yang akan menjadi inti dari smartphone BlackBerry di masa mendatang.”

Fakta: RIM hanaya mengirim 200.000 PlayBooks pada kuartal kedua 2011 yang berakhir August.

28 April 2011:
“Kami menyebut BlackBerry 6.1, 7.0 sebagai BlackBerry 7.0 karena itu adalah upgrade besar dari 6.0. Perbaikan grafis, browser dan web experience, touchscreen baru yang lebih sensitif, akselerasi grafis untuk gaming, hardware yang lebih cepat, memory lebih tinggi dan perbaikan umur baterai. Playbook adalah tablet sakti baik untuk konsumen maupun enterprise. Kami yakin bisa sukses dengan PlayBook dalam jangka panjang.”

“Anda akan melihat sebuah platform yang sangat kuat di BlackBerry World minggu depan, untuk smartphone, untuk tablet, untuk konsumen dan enterprise. Tim kami telah bekerja keras untuk membuat platform tersebut sempurna.”

Fakta: BlackBerry World ditunda dan hal-hal yang dijanjikan seperti kompabilitas Android dengan PlayBook masih harus menunggu sampai Oktober. Balsillie mengatakan RIM bisa mencapai sekitar $7.50 per saham dalam untuk tahun fiskal 2011. Sementara para analis yakin dengan $4,91 per saham.

16 Desember 2010:
“Kami memiliki kesempatan nyata untuk ekspansi bisnis melalui berbagai cara. Ketertarikan publik pada PlayBook begitu luar biasa. Anda akan melihat semua aspek secara menyeluruh termasuk carrier billing dan layanan yang kami berikan. Anda akan mendapatkan semua itu baik untuk PlayBook maupun BlackBerry smartphone.”

Fakta: Laporan riset IDC menyebutkan RIM hanya menguasai 4,7% pasar tablet. Di kuartal kedua lalu RIM memiliki 11,6% pasar smartphone, turun 17,4% di kuartal yang sama tahun 2010.

16 September 2010:
“Sejak peluncuran Torch, rata-rata penjualan naik hampir 3x lipat di AT&T retail stores. Torch memberikan kontribusi yang sangat besar untuk BlackBerry smartphone dengan penjualan tinggi di Best Buy pada bulan Agustus. Kenyataannya, berdasar penjualan pada 3 minggu pertama setelah rilis di AT&T, Torch adalah ponsel BlackBerry GSM paling sukses dalam sejarah RIM. Torch mendominasi penjualan smartphone di Amerika. Selama kaurtal kedua kami memperkenalkan BlackBerry 6 yang memberikan user experience desain baru, termasuk visually fluid interface, rich web browsing dan multi-media app yang mengagumkan.”

Fakta: BlackBerry 6 OS kalah pamor dengan rumor BlackBerry 7. Torch turun harga $99 untuk menarik simpati konsumen.

24 Juni 2010:
“Pengguna App World 2.0 bisa menikmati lebih banyak fungsi yang ditawarkan situs App World. Anda bisa membuat akun, membeli konten dari store dan sinkronisasi konten dengan BlackBerry smartphone via side-loaded connection. Konsep BlackBerry Super Apps terus menarik perhatian komunitas developer BlackBerry. Kami telah bekerja dengan para developer untuk membantu mereka memahami cara memanfaatkan BlackBerry API sehingga bisa menciptakan aplikasi yang inovatif dan disukai konsumen.”

Fakta: Popularitas App World disalip oleh Android Market dan Apple App Store. Windows Phone 7 store juga cukup kuat. BlackBerry terus mengalami kemunduran aplikasi dan kini tengah mencoba menciptakan ekosistem sendiri dari Android player.

31 Maret 2010:
“Saya senang sekali dengan rencana bisnis kami tahun ini. Anda tunggu saja. Kami telah memberikan banyak pengembangan kemampuan dengan memperluas platform. Hal ini akan memudahkan Anda mengoperasikan BlackBerry dan mengembangkan kemampuan B2B dan B2C. Semua berjalan sangat baik tahun ini. Anda akan melihat sejumlah produk baru pada kuartal depan, Anda juga akan melihat produk baru di musim gugur nanti. Jika saja Anda boleh membaca rencana bisnis kami, Anda pasti terkagum-kagum.”

Fakta: RIM telah menjanjikan banyak hal sehingga pecinta BlackBerry takjub pada rencana mereka. Seperti pada awal 2010, RIM menjanjikan Torch dan BlackBerry OS 6. Sekarang, mereka menjanjikan superphones.

17 Desember 2009:
“Kami memiliki strategi bisnis khusus dengan Verizon. Kami akan menciptakan banyak hal untuk memperluas kerja sama. Kami telah memiliki hubungan yang kuat namun masih banyak gangguan dalam sinyal. Kami akan memperbaikinya melalui perubahan strategi baru yang kami terapkan, sebuah perluasan strategi.”

Fakta: Verizon fokus dan sukses dengan Android dua tahun terakhir ini.

Well, kini Anda tahu alasan kenapa para analis menyangsikan kesuksesan BlackBerry di masa mendatang. Apakah Anda setuju dengan pendapat para analis bahwa sulit bagi RIM untuk mengembalikan kepercayaan pasar? (Sumber: Gopego.com)

1 COMMENT

  1. blackbery ya cuma blackbery dia terkenal gara gara fitur email facebook dan bbm nya aja. dan udah mentok sampe situ. jadi ya tetep akan terpakai buat bisnis.untuk yang mau lebih jelas pasti pilih android atau ipad. jadi setiap orang nantinya tetep akan punya blackberry dan 1 gadget lain.

  2. Melihat orang pake blackberry torch, trs harus buka casing untuk hard reset cabut baterai, jadinya malah kasian. It is not a smartphone at all.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.