Robot Pingpong yang Bisa Menganalisa dan Mengalahkan Atlet

www.marketing.co.id – Mungkin Anda pernah mendengar pada tahun 1996 sebuah super komputer Deep Blue bisa mengalahkan Gary Kasparov, yang pada saat itu sebagai pemain catur nomor satu di dunia. Memang kemenangan itu tidak disangka-sangka dan mengejutkan, kenapa? Karena  keberadaan komputer pada saat itu belum terlalu berkembang seperti  sekarang ini.

Dengan inovasi dan kreatifitas yang dibarengi dengan kemajuan dunia teknologi yang semakin pesat, telah mendorong ahli robotika dari Universitas Teknik Jerman Darmstadt, untuk menciptakan sebuah lengan yang kuat untuk permainan olahraga seperti tennis meja (Pingpong). Robot ini dirancang untuk menyesuaikan permainan pingpong dengan berbagai arah sehingga bisa menangkal serangan.

Menurut Katharina Muelling selaku tim ahli robitika tersebut mengungkapkan, bahwa tim telah mengajarkan robot yang berbentuk lengan tersebut untuk bermain pingpong dan memberi  tembakan yang semakin sulit. Dengan begitu lengan bisa menggunakan informasi dan mengambil sesuatu untuk dipelajari. Selain itu, lengan ini telah mampu menciptakan jawaban ideal untuk mengatasi arah bola.

Perlu diketahui juga, robot ini bisa menganalisa pemain dengan berbagai  arah bola, sehingga lawan sudah terbaca akan kemana bergeraknya. Dalam uji coba ini robot tersebut bisa mengalahkan pemain yang handal dalam permainan ini.

Meskipun robot lainnya telah berhasil diprogramkan untuk permainan pingpom, tapi robot termasuk  yang pertama untuk ‘belajar’ permainan. Di samping itu juga, robot ini mempunyai ketahanan yang kuat  setelah satu jam latihan. (Mashable/HN)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.