RPX PAS, Kemudahan Pengiriman dalam Genggaman

Marketingcoid – Kehidupan manusia berubah semakin dinamis seiring dengan perkembangan teknologi. Hal tersebut secara tidak langsung mengubah pola manusia beraktivitas yang pada akhirnya memberikan dampak pada industri. Salah satu industri yang tak luput dari dampak perkembangan ini adalah industri logistik.

Sebagai pionir pengiriman logistik terpadu (One Stop Logistics), RPX menyadari bahwa pada era volatile, uncertain, complex and ambiguous (VUCA) saat ini, pelanggan memegang peranan penuh khususnya dalam hal pengiriman. Perubahan ini mulai terasa ketika munculnya e-commerce ke dalam ranah industri digital diikuti dengan peningkatan pada setiap tahunnya. Oleh karena itu RPX melakukan pendekatan yang berbeda melalui Paket Ambil Suka-suka (PAS).

“Keadaannya sudah berbeda, penyedia jasa logistik tidak lagi memegang peranan penuh dalam pengiriman melainkan pelanggan yang memegang peranan tersebut. Merujuk pada Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) saat ini perusahaan logistik menganut human centric tidak lagi box centric, di mana  mayoritas yang dikirim bukan lagi paket tetapi produk. Sehingga, penyedia jasa logistik dituntut dapat memberikan kemudahan dan fleksibilitas pengiriman. “PAS merupakan pilihan tepat karena pelanggan dapat mengambil paket sesuai waktu dan lokasi yang diinginkan” ujar Albert David Palit, General Manager E-Commerce RPX Group.

PAS adalah layanan mandiri melalui lokasi pengambilan paket (self-service Package Pick up Point) yang dirancang khusus bagi pelanggan, memberikan kemudahan jasa pengantaran paket pertama di Indonesia yang dapat dilayani melalui toko Indomaret dan outlet rekanan. Saat ini PAS telah bekerja sama dengan beberapa ecommerce di antaranya Zalora dan Matahari Mall.

Go Digital

Berdasarkan hasil studi Google dan Temasek, Indonesia akan mendominasi 52% dari aktivitas e-commerce di Southeast Asia pada 2025. Google mengatakan tidak hanya populasi Indonesia yang besar tetapi letak geografis Indonesia menjadi faktor yang tak bisa dielakkan dalam pendistribusian barang e-commerce di masa depan. Salah satu kesempatan yang ada, yaitu Indonesia dapat  mengirimkan barang ke antar wilayah.

Peningkatan bisnis e-commerce yang pesat tersebut tentunya membutuhkan beberapa solusi. Untuk itu, RPX juga memberikan pelayanan jasa pengiriman terintegrasi yang memudahkan para pelaku bisnis. Konsep One Stop Logistics menawarkan kemudahan bagi mereka yang memiliki bisnis contohnya e-commerce melalui layanan cross border, custom clearance, contract logistic, sampai dengan last mile delivery.

 Tidak sampai disitu, RPX juga melengkapi pelayanan yang diberikan memalui smartphone dengan aplikasi RPX Mobile. “Masyarakat, khususnya milenial, saat ini sangt mahir dalam teknologi (tech savvy), di mana selalu mengandalkan gadget dalam mendukung mayoritas aktivitas sehari-hari. Hadirnya ekosistem digital telah membentuk siklus serba mudah, salah satunya dengan bantuan applikasi,” kata Albert.

RPX Mobile dilengkapi dengan RPX Wallet sebagai bentuk dukungan gaya hidup modern yang mengusung pembayaran tanpa tunai atau cashless. Fitur ini menawarkan beberapa pilihan  metode pembayaran seperti Cash On Delivery (COD) dan Reimbursement On Delivery (ROD) khusus untuk pelanggan pengiriman internasional, aplikasi ini juga menyediakan sarana pembayaran pajak bea masuk (duty tax) tanpa harus membayar tunai. Melalui aplikasi ini, pelanggan dapat dengan mudah membayar biaya pengiriman dan mengisi saldo wallet melalui sentuhan jari di manapun dan kapanpun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.