Saatnya UMKM Indonesia Ambil Manfaat dari Internet!

0
955

Saatnya UMKM Indonesia Ambil Manfaat dari InternetKawasan Asean telah membuka pintu untuk Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Hal itu membuat tekanan semakin terasa bagi para UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Indonesia agar tetap kompetiti di pasar yang berkembang ini.

Indonesia sendiri memiliki lebih dari 57 juta UMKM di 2015. Akan tetapi dari jumlah tersebut hanya 1% dari UMKM lokal yang menggunakan e-commerce untuk mengembangkan bisnis.

Greta Christina, E-commerce Consultant Manager of Rakuten Belanja Online mengatakan Rakute ingin membantu UMKM Indonesia mencapai kesuksesan dalam bisnis online.

Oleh karena itu, tahun lalu Rakuten menyelenggarakan program “Rakuten Dream Merchant”. Program yang berakhir pada Desember 2015 tersebut, 3 UMKM bersaing ketat untuk mendapatkan lebih dari 800 suara secara nasional dan menobatkan Natasha Caesar Devona sebagai pemenang.

Program ini mendapat respon yang bagus, lebih dari 1000 bisnis online bergabung dengan Rakuten.

Tujuan dari program ini adalah untuk menyiapkan para pedagang lokal dengan keterampilan dan fasilitas yang diperlukan untuk bersaing dalam MEA.

“Ini bukan hanya sekadar kompetisi,” katanya. “Ini adalah program pemberdayaan pedagang lokal, untuk semua UMKM di Indonesia dan usaha mikro, di mana kami menyediakan pelatihan, dukungan dan layanan konsultasi.”

“Intinya, kami mengajak UMKM untuk mengambil manfaat dari Internet, guna mendorong penjualan dan menjangkau pelanggan baru dengan mengimplementasikan nilai Rakuten; Omotenashi, Fun dan Empowerment,” katanya.

Natasha Caesar Devona pemilik BakeInc yang menjadi pemenang dalam program tersebut mengatakan, UMKM di Indonesia perlu memanfaatkan e-commerce agar dapat bersaing dan memanfaatkan pasar yang berkembang ini.

Saat mereka ingin mengalihkan bisnis ke media online, sangat penting untuk mempunyai pemahaman mengenai apa saja yang perlu dilakukan untuk memimpin persaingan di masa depan.

“Saya percaya bahwa inilah yang membantu membedakan kita untuk berhasil dalam dunia online yang terus semakin berkembang,” katanya.

1 COMMENT

  1. Permisi gan numpang ikut share.

    Bisnis UKM yang menjanjikan TAHUN 2016
    Bisnis di bidang JASA,
    BISNIS TOUR & TRAVEL REVOLUTION

    1. Market Luas dan Potensinya besar,
    2. Produk yang ditawarkan banyak,
    3. Manfaat produk dibutuhkan masyarakat,
    4. Sistem bisnis mudah di operasikan,
    5. Fleksible dan Bisa di jalankan di mana saja, Kapan saja, dan
    6. Resiko minim

    Ingin tahu lebih lanjut, silahkan share dengan kami, GRATISS.

    Alamat kantor :
    Komp. Pertokoan PCI Blok D 2A No. 9 Kota Cilegon, Provinsi Banten.
    Chairul Muchtar, S.E.I (Owner)
    CP. 087870970988 / 082311711773
    Pin. 5B763FC8

    Salam Berkah, Sukses, Muliah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.