Sales Award 2018: Asah Jiwa Menjual Siswa SMK

0
1030
ASPIRA SMK Sales Awards 2018
(ki-ka) : Dedy Budiman Penanggung Jawab Program & Sales Trainer, Sri Puji Lestari Kasubdit Kemendikbud, Yusak Direktur PT. Astra Otoparts Tbk, ALung Perwakilan SDI (Sales Director Indonesia) dan Indra Hadiwidjaja Perwakilan KOMISI (Komunitas Sales Indonesia) berfoto bersama usai pemaparan program 'ASPIRA SMK Sales Awards 2018'.

Salah satu tantangan dunia pendidikan di Indonesia masalah link and match. Banyak lulusan sekolah menengah atas  di Indonesia tidak terserap pasar tenaga kerja karena kualitanya tidak sesuai yang diharapkan dunia industri. Hal ini terjadi Sekolah Menengah Keterampilan (SMK) yang lulusannya dirancang langsung bekerja.

ASPIRA SMK Sales Awards 2018
(ki-ka) : Dedy Budiman Penanggung Jawab Program & Sales Trainer, Sri Puji Lestari Kasubdit Kemendikbud, Yusak Direktur PT. Astra Otoparts Tbk, ALung Perwakilan SDI (Sales Director Indonesia) dan Indra Hadiwidjaja Perwakilan KOMISI (Komunitas Sales Indonesia) berfoto bersama usai pemaparan program ‘ASPIRA SMK Sales Awards 2018’.

Untuk menjembatani link and match antara SMK dengan dunia kerja, Aspira, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Komisi Sales Indonesia, dan Sales Director Indonesia menggelar “Aspira-SMK Sales Award 2018”. Ajang ini merupakan kompetisi keahlian pemasaran terbesar di Indonesia yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Sri Puji Lestari, Kasubdit Penyelarasan Kejuruan dan Kerja Sama Industri Kemendikbud mengatakan, kompetisi ini diselenggarakan supaya siswa-siswi SMK, terutama jurusan pemasaran bisa mengaplikasikan teori-teori yang didapat dibangku sekolah. “Kompetisi ini diharapkan dapat menciptakan link and match dunia pendidikan dengan industri,” tutur Sri.

Sri menambahkan, seluruh SMK di Indonesia memiliki 142 jurusan yang dibutuhkan masyarakat Indonesia. Jurusan Pemasaran merupakan 1 dari 142 jurusan di SMK. “Jurusan Pemasaran di SMK cukup banyak dan hampir tersedia di seluruh SMK di Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Yusak Direktur PT Astra Otopart Tbk, mengatakan, kompetisi ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara supply dan demand tenaga kerja. Selama ini kami kesulitan mencari tenaga kerja siap pakai dari SMK,” tuturnya. Selain itu, untuk memperkenalkan produk Aspira yang merupakan produk lokal kepada generasi milenial. “Anak-anak SMK yang merupakan generasi milenial harus kenal dan bangga dengan produk-produk lokal,” tuturnya.

Aspira-SMK Sales Award 2018 merupakan kompetisi antar kelompok. Setiap kelompok beranggotan 5 orang siswa. Satu sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu kelompok tanpa dipungut biaya seperserpun. Pendaftaran peserta melalui website sayajagosales.co.id mulai 18 september 2017 – 25 Oktober 2017. Pada kompetisi kali ini ada tiga produk unggulan Aspira yang mesti dijual peserta, yakni Aspira Premio, Aspira Batetry, dan Aspira Parts.

Aspira Sales Award 2018 digelar dalam 3 tahap.Tahap pertama dimulai 1 November-31 Desember 2017 dengan kriteria penilaian meliputi omset penjualan, presentasi produk, dan kreatifitas dalam memanfaatkan media sosial. Tahap kedua akan berlangsung 8 Januari – 9 Februari 2018 dengan kriteria penilaian omset penjualan, kreatifitas, dan keaktifan memanfaatkan media sosial.

Babak grandfinal akan berlangsung di Jakarta, pada 1 Maret 2018 mendatang. Di babak setiap peserta akan diwakili  oleh dua orang peserta dari masing-masing Top 10 finalis. Mereka akan melakukan presentasi penjualan produk Aspira di depan dewan juri dengan durasi maksimal 15 menit.

 

Tony Burhanudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.