Portal Lengkap Dunia Marketing

Dunia UKM

Sales Leadership (2)

www.marketing.co.id – Kali ini kita akan menyambung pembahasan tentang Sales Leadership yang pada artikel lalu sudah sempat dibahas hingga butir kedua, yaitu “sales leader bintang dua – kepemimpinan dari penghargaan”. Dalam kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pada butir ketiga sampai selesai:

 

Sales Leader Bintang Tiga – Kepemimpinan dari Prestasi

Pada tingkat kepemimpinan ini, orang mengikuti si pemimpin karena prestasinya di perusahaan. Bawahan kagum pada prestasi serta keuletan si pemimpin. Pada tingkat kepemimpinan ini, kerja menjadi begitu menyenangkan, tantangan-tantangan kerja terlihat sebagai kesempatan-kesempatan, dan lingkungan kerja umumnya stabil.

Kunci untuk menjadi sales leader bintang tiga ini adalah keberhasilan tim untuk mencapai sasaran yang direncanakan bersama. Kepemimpinan prestasi ini dibuat dengan cara membangun kekaguman pengikut-pengikutnya berdasarkan keberhasilan mengeksekusi tugas-tugas anggota tim dan memberikan hasil yang optimal.

Tingkatan ini sudah dekat dengan kepemimpinan yang karismatik. Sales leader menjadi panutan. Ia menjalani hidup layaknya seorang bintang. Pidatonya sangat inspiratif. Para bawahan selalu menunggu setiap kata bijak yang keluar dari mulutnya. Kesuksesan menjadi contoh yang bisa menginspirasi bawahannya.

Tipe sales leader ini biasanya mempunyai gaya unik dalam menjual. Karena para bawahan benar-benar mengidolakan dia, si sales leader harus sadar bahwa tidak semua bawahan mampu mengikuti gaya menjualnya, karena setiap kepribadian berbeda. Dengan demikian, pengetahuan tentang kepribadian dan karakter yang dikumpulkan saat si sales leader berada pada tahapan “bintang satu” menjadi sangat berguna di sini.

Sales Leader Bintang Empat – Kepemimpinan dari Pengembangan SDM

Di tingkat ini orang mengikuti si pemimpin sebagai hasil dari apa yang dilakukan si pemimpin ini pada mereka. Semua pemimpin mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan sumber daya manusia seluruh bawahannya. Kunci untuk menjadi sales leader bintang empat adalah bagaimana si pemimpin mengembangkan sumber daya manusia di bawahnya.

Sales leader di tingkat ini tidak hanya melihat para salesman sebagai orang-orang yang mampu mencapai target, melainkan sebagai orang yang mempunyai potensi sangat besar, orang yang bisa dikembangkan, dan menginspirasi mereka untuk selalu mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Si sales leader menginginkan anak buahnya menjadi baik dan semakin baik. Ia ingin agar anak buahnya bisa mencapai level performa yang lebih tinggi, tak hanya demi keuntungan pribadinya, tapi juga demi mereka semua.

Ia sadar jika para salesman mampu mencapai performa yang lebih tinggi, ia pun berhasil mencapai level kehidupan yang lebih tinggi. Si sales leader ingin memoles anak buahnya supaya bisa mencapai karier lebih tinggi, bahkan menjadi sales manager dan sales leader seperti dirinya. Sales leader bintang empat adalah orang yang mampu mengembangkan orang lain.

Sales Leader Bintang Lima – Kepemimpinan dari Pengajaran

Tingkat kepemimpinan ini adalah tingkat yang paling sulit. Hanya orang-orang tertentu yang mampu mencapai tingkat kepemimpinan bintang lima ini. Walaupun tercatat hanya kurang dari 5% yang mampu mencapai tingkat tersebut (Nowakoski dkk, 2004), ini adalah tingkat kepemimpinan yang layak diperjuangkan.

Pada tingkat ini orang-orang mengikuti pemimpin karena pengajarannya yang luar biasa. Orang akan tetap mencari pemimpin ini walaupun yang bersangkutan keluar dari perusahaan, karena dia sudah meninggalkan memori luar biasa pada organisasi dan karyawan. Kunci untuk mencapai tingkat ini adalah:

  1. mengajar;
  2. memberi inspirasi;
  3. bertanggung jawab jika anak buah tidak mencapai target;
  4. mengumumkan kesuksesan anak buahnya pada orang lain, dan;
  5. jika perlu, berkorban bagi kesuksesan anak buah.

Seperti yang bisa Anda lihat, sales leader bintang lima adalah gabungan dari semua tingkatan. Hal yang utama adalah si sales leader merupakan seorang pengajar. Ia memberi ilmu kepada para salesmannya supaya bisa mempunyai kemampuan menjual dan mindset yang tepat untuk menjadi penjual yang sukses, dan yang lebih penting lagi, menjadi supervisor, manajer, dan pemimpin di masa depan.

Jika dihatikan, Anda akan menyadari bahwa kelima kriteria untuk menjadi seorang sales leader adalah tentang “melayani”. Sales leader yang hebat “melayani” timnya. Walaupun kelihatannya seorang sales leader adalah orang yang memimpin di depan dan semua bawahan harus mengejar dan mengimbangi langkah cepatnya, kenyataannya adalah seorang sales leader adalah orang yang peduli dan mau meluangkan waktu untuk membina semua bawahan yang berada dalam tanggung jawabnya. Hal ini tak hanya membutuhkan kemampuan, pengetahuan, waktu dan tenaga, tapi juga memerlukan “hati”.

Mengenai Sales Leadership

Mari kita simpulkan poin-poin pentingnya:

  1. Kepemimpinan (sales leadership) adalah bagian sangat penting dari kesuksesan tim penjualan, dan maka dari itu juga menjadi kesuksesan bisnis apa pun. Seorang sales leader yang baik bisa dan akan mewujudkan kesuksesan bagi bisnis atau perusahaan mana pun.
  2. Sales leadership sangat jarang dipikirkan. Banyak pemilik bisnis dan CEO meratapi kenyataan yang ada, tapi mereka tidak mampu melakukan apa pun karena tidak adanya pelatihan untuk mengatasi permasalahan ini dengan serius, komprehensif, dan praktis. (Galatia Chandra AA, BSc, PDM (Asia Pacific), CPM (Asia)
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top