Samsung dan Apple, Kawan Sekaligus Lawan

Marketing.co.id (AP)- Smartphone baru andalan Samsung telah dijual di 28 negara sejak Selasa (29/5). Sementara itu, raksasa ponsel lainnya meng-upgrade perangkat hign-end mereka agar bisa bersaing dengan perangkat buatan Apple Inc. iPhone.

Smarphone andalan Samsung, Galaxy S III sudah beredar dibanyak Negara temasuk Jerman dan Perancis. Pada akhir juli, hampir 399 perator mobile diseluruh dunia menjualnya.

Bagi pembeli smartphone baru yang berada di lima negara Eropa, mereka akan menjadi yang pertama yang  menikmati layanan musik streaming Samsung.

Di Jerman, Perancis, Spanyol, Italia dan Inggris, Galaxy S III akan dikirim lengkap dengan akses ke Musik Hub-iTunes-like service. Dimana fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan musik serta membeli dan menyimpannya. Samsung mengklaim, layanan ini sudah memiliki katalog lagu hingga 19 juta.

Sejak di upgrade 2007 Apple selalu membuat iPhone dengan ukuran layar yang sama. Sementara itu, Samsung meningkatkan ukuran layar smartphone-nya. Layar Galaxy terbaru ini hampir dua kali lebih besar dari iPhone 4S.

Galaxy S III memiliki daya komputasi lebih yang mendukung perintah suara dan fitur pelacakan mata untuk menjaga layar dari redup.

Menurut Samsung, layanan musik tersedia dalam versi gratis dan berbayar, dan pengguna dapat merekomendasikan lagu baru berdasarkan pilihan yang sudah didengarkan. Untuk layanan berbayar memungkinkan pengguna untuk meng-upload dan menyimpan file musik pada server yang dapat diakses dari lebih satu perangkat yang tersambung ke internet dengan biaya sebesar € 9,99 per bulan.

Tidak seperti Apple yang menggunakan sistem operasi in-house pada layanan musik iTunes, Samsung mengandalkan sistem operasi Android untuk smartphone andalannya.

Layanan musik Samsung merupakan hasil dari akuisisi mSpot Inc, penyedia layanan musik dan film streaming di Web dan perangkat mobile berbasis di Palo Alto, California.

Perusahaan asal Korea ini pun telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan konten mobile buatannya sendiri, seperti aplikasi pesan, dengan harapan fitur ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.

Menurut Strategy Analytics, dalam waktu tiga bulan, Samsung berhasil menyalip Apple dalam penjualan smartphone dan menjadi “Raja” tahun ini. Pengamat pasar berharap, Apple dapat menggunakan konferensi tahunan yang akan diadakan bulan depan untuk mengumumkan upgrade tahunan iPhone, yang kemudian dapat mulai dijual pada awal Juli.

Meskipun menjadi pesaing utama di pasar smartphone, Samsung dan Apple juga memiliki hubungan yang dekat. Dimana Samsung memasok chip mobile dan panel tampilan untuk iPhone dan komputer tablet iPad.

WSJ|CS

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.